Wednesday, 01 December 2021


Gerakkan PKK, Pemda Bulukumba Dorong Pertanian Keluarga

31 Oct 2021, 22:13 WIBEditor : Yulianto

KRPL menjadi salah satu bentuk pengembangann pertanian keluarga | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Bulukumba--Pertanian keluarga melalui pemanfaatan pekarangan dapat memperkuat ketahanan pangan keluarga. Karena itu melalui PKK, Pemerintah Daerah Bulukumba, Sulawesi Selatan mengajak kaum ibu rumah tangga mengembangkan pertanian keluarga.

"Pemberdayaan masyarakat, khususnya bagi para anggota PKK dalam rangka memperkuat ketahanan pangan keluarga, dengan memanfaatkan pekarangan atau lahan di sekitar rumah," kata Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj.Darmawati, SE, Sabtu (23/10) saat membuka kegiatan Pelatihan Kader Pangan dan Sosialisasi Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (AKU HATINYA PKK) di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kabid.Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan DKPn Sulsel Hj.Rahmatiah SP.M.Si,Sekertaris TP PKK Hj.Umrah Aswani, Narasumber DR.Hasnawati Habihie dari Dinas Ketahanan Provinsi, Dra.Hj.Umrah Aswani, Rafika, S.Pd dari TP.PKK Bulukumba dan pengurus TP.PKK.

Menurutnya, upaya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat perlu solusi cepat, tepat dan berkelanjutan untuk menjamin ketersediaan dan keterjangkauan masyarakat.  Jika kebutuhan tersebut sudah disiapkan secara mandiri masing-masing rumah melalui berbagai tanaman kebutuhan sehari-hari, baik itu sayuran, maupun buah-buahan, maka masyarakat tidak harus membeli di pasar.

Tentu kegiatan ini sejalan dengan program Pemerintah ke depan melalui penyediaan bibit unggul yang kita harapkan 3 sampai 5 tahun ke depan, Bulukumba menjadi sentra hasil tanaman dan buah yang berkualitas.

”Kami berharap, kader-kader PKK di Kabupaten Bulukumba nantinya dapat mengambil peran dalam program bibit unggul ini, terutama dalam memaksimalkan pemanfaatan lahan dan pekarangan rumah warga,” kata Hj.Darmawati.

Darmawati yang juga Plt.Kadis Ketahanan Pangan Bulukumba berharap, Kader-kader Pangan menjadi motor penggerak di tengah-tengah masyarakat tentang program penanaman bibit unggul ini yang disinkronkan dengan Program AKU HATINYA PKK. Masyarakat bisa mengembangkan tanaman yang bernilai ekonomis, sehingga mampu memberikan keuntungan bagi keluarga apalagi di saat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini.

Disebutkan, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhan pangan merupakan hak azasi setiap masyarakat. Karena itu, penganekaragaman pangan dan konsumsi pangan, merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan unggul yaitu melalui perbaikan pola konsumsi pangan menjadi lebih beragam, baik untuk jenis pangan sumber karbohidrat, sumber protein, sumber vitamin dan mineral.

"Konsumsi pangan berkualitas dapat diwujudkan apabila pola konsumsi makanan sehari-hari dilakukan secara tepat, mengandung zat gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang antar kelompok pangan berdasarkan cita rasa, daya cerna, dan daya terima masyarakat,” Darmawati.

Ditambahkan, dengan konsumsi pangan yang berkualitas diharapkan dapat mengatasi permasalahan kekurangan gizi, termasuk mencegah terjadi penyakit Stunting pada bayi dan anak-anak. ”Saya mengajak untuk mengembangkan dan mempromosikan potensi pangan yang ada di wilayah masing-masing, khususnya pengembangan pangan lokal dan olahannya dengan memadukan tradisi kuliner pangan lokal (kearifan lokal),” katanya.

Pangan lokal dimaksud seperti Sayur Kacang Merah dari Kecamatan Bontotiro, Kue Cucuru Merah dari Kecamatan Kajang, Ikan Asap dari Kecamatan Herlang, Kue Uhu-Uhu dari Kecamatan Bontobahari, Kopi Kahayya dari Kecamatan Kindang dan pangan lokal khas lainnya pada setiap kecamatan.

”Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan diharapkan dapat menjadi salah satu agenda rutin dari PKK untuk menciptakan kader-kader pangan di Kabupaten Bulukumba,” katanya.

Darmawati, mengharapkan kepada para Camat, Kepala Desa dan Kelurahan serta seluruh kepala OPD Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan pihak-pihak yang terkait dalam pengelolaan pangan, senantiasa melakukan upaya-upaya maksimal untuk tetap dapat menjamin tercapainya kemantapan ketahanan pangan, baik yang berkaitan dengan produksi, ketersediaan, distribusi, dan keamanan pangan, dengan menyikapi perkembangan terkini di tingkat lokal, nasional maupun global.

Sementara itu Sekretaris TP.PKK Hj.Umrah Aswani menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan program kerja Pokja III untuk pemanfaatan lahan pekarangan atau halaman yang bisa bermanfaat bagi keluarga dan warga setempat. ”Tujuan dari kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan kader PKK dan pengurus tentang pengelolaan pekarangan secara optimal, dengan intensifikasi lahan pekarangan,” katanya.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018