Jumat, 13 Desember 2019


Agar Tak Tergantung Daerah, Poktan di DKI Jakarta Dilatih Tanam Cabai di Pekarangan

07 Sep 2019, 18:26 WIBEditor : Gesha

Poktan di DKI Jakarta dilatih untuk memproduksi cabai di pekarangan | Sumber Foto:DKPKP DKI JAKARTA

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Cabai memang menjadi komoditi utama yang saat ini harganya sedang melambung, terutama di Jakarta. Hal ini terjadi karena pasokan di daerah sentra cabai (Jawa Barat dan Jawa Tengah) sedikit akibat musim kemarau panjang. Agar pasokan cabai di Jakarta tetap ada dengan harga yang sesuai, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kelompok Tani (Poktan) di Jakarta untuk budidaya cabai. 

Bimtek yang dilaksanakan selama satu hari tersebut diisi dengan materi Pemanfaatan Lahan untuk Budidaya Cabai yang disampaikan oleh Sutrisno selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Suku Dinas KPKP Jakarta Utara serta materi Penanggulangan Hama dan Penyakit pada tanaman Cabai yang disampaikan oleh Bagus Kukuh Udiarto dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran(Balitsa), Kementrian Pertanian (Kementan). 

Plh Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta, Syarifah Aminah  mengatakan, kelompok tani yg terpilih merupakan hasil survey lokasi Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) yang telah dilakukan bersama DKPKP pada tanggal 29-30 Agustus 2019. “Ini merupakan bentuk kerja bersama kolabirasi dalam upaya meningkatkan produksi cabai di Jakarta,” katanya saat Bimtek Budidaya Cabai di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sukapura, Kelurahan Rorotan Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (5/9).

Kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta, terdiri dari para Koordinator Penyuluh Wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan serta Satuan Pelaksana dan PPL Kecamatan Cilincing (Jakarta Utara), Kecamatan Duren Sawit (Jakarta Timur) dan Kecamatan Pesanggrahan (Jakarta Selatan).

Adapun poktan terpilih tersebut adalah Poktan Garden Jaya Rorotan (Jakarta Utara), Poktan Maju Makmur Bersama Kelurahan Ulujami Kecamatan Pesanggarahan (Jakarta Selatan), Poktan Kebun Berseri Kelurahan Bintaro Kecamatan Pesanggrahan (Jakarta Selatan) dan Poktan Banjir Kanal Timur (BKT) Kecamatan Duren Sawit (Jakarta Timur).

Kelompok Tani yang terpilih akan diberikan bantuan dari DKPKP untuk melaksanakan program budidaya cabai. Bantuan yang diberikan berupa: benih cabai keriting, plastik mulsa, perangkap hama, Pupuk Urea, Pupuk TSP, Pupuk KCl, Pupuk NPK dan pupuk kandang. 

 

Plt Kepala Bidang Pertanian DKPKP, Suharini Eliawati berharap kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan para petani dalam melaksanakan kegiatan pemanfaatan lahan dengan budidaya cabai.

“Kepada kawan-kawan yang bertugas di wilayah Satuan Pelaksana dan Penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan agar mendampingi Kelompok Tani terpilih yang akan memulai melakukan budidaya cabai. Diharapkan pada akhir tahun dapat dilaksanakan panen cabai bersama di Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan,” ungkapnya.

Reporter : Clara
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018