Sabtu, 25 Mei 2019


Bungaran Saragih : Perkebunan Akan Jadi Kekuatan Ekonomi Nasional

13 Des 2018, 07:30 WIBEditor : Gesha

Pengamat Pertanian, Bungaran Saragih menuturkan perkebunan bisa menjadi kekuatan ekonomi nasional jika dikelola secara berkelanjutan | Sumber Foto:Indarto

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bandung ---  Sub sektor perkebunan ke depan bisa menjadi motor penggerak pembangunan nasional. Apabila selama ini sub sektor perkebunan mampu mendulang devisa negara, setelah disinergikan bersama segenap stakeholder, perkebunan bisa menjadi kekuatan ekonomi nasional.

Pengamat Pertanian, Bungaran Saragih mengatakan perkebunan adalah industri strategis yang bisa menopang pertumbuhan ekonomi bangsa. Bahkan, secara sosial budaya perkebunan banyak menyerap tenaga kerja. Sehingga sudah selayaknya subsektor perkebunan ini mendapat perhatian pemerintah.

"Karena itu untuk membangun perkebunan agar lebih baik lagi, pemerintah harus mengubah paradigma yang orientasi mengarah kepada pembangunan perkebunan berkelanjutan," kata Bungaran Saragih, saat menjadi pembicara dalam talkshow
bertema "Sinergi dan Akselerasi Kejayaan Perkebunan", di Gedung Sate, Bandung.

Menurut Bungaran, pemerintah dalam membangun perkebunan jangan  berfikir jangka pendek. Seperti halnya pembangunan sub sektor tanaman pangan dan hortikultura, sub sektor perkebunan harus dikembangkan dari hulu sampai hilir.

"Sub sektor perkebunan harus disinergikan dengan stakeholder dan jasa penunjang lainnya supaya punya nilai tambah dan mampu berdaya saing," papar Bungaran.

Setelah disinergikan, lanjut Bungaran, sub sektor perkebunan akan memberikan akselerasi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang besar. "Saat ini pertumbuhan ekonomi kita 5,1 persen-5,2 persen/tahun.Kalau kita bisa membangun perkebunan dengan baik, pertumbuhan ekonomi  nasional bisa tumbuh 6 persen-7 persen/tahun," jelas Bungaran.

Ia juga mengatakan, agar perkebunan bisa berkembang pesat sebagai soko guru masyarakat, sub sektor perkebunan bisa dikelola  bersama tanaman pangan, peternakan, dan perikanan. "Harus disinergikan dengan komoditas lainnya supaya bisa menjadi penggerak ekonomi nasional," ujarnya.

Menurut Bungaran, pemerintah boleh saja membangun dan mengedepankan infrastruktur. Namun, pembangunan infrastruktur tersebut sebaiknya untuk mendukung industri perkebunan

Reporter : Indarto
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018