Friday, 10 July 2020


Semaikan Timun, Mahasiswa Polbangtan Bogor ini Gunakan Batang Pisang

12 Jun 2020, 15:02 WIBEditor : Gesha

Aditia Bukit | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Nias --- Persemaian hortikultura khususnya sayur-sayuran sebenarnya mudah, sekalipun menggunakan bahan yang go green seperti yang dilakukan mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, Aditia Bukit.

Selama pandemi COVID 19, seluruh mahasiswa Polbangtan Bogor kembali ke kampung halamannya masing-masing. Namun bukan berarti mereka libur dan rebahan saja di rumah. Semua mahasiswa Polbangtan Bogor mendapatkan amanah untuk membangun desanya masing-masing dengan pengetahuan yang selama ini telah mereka miliki.

Seperti yang dilakukan mahasiswa tingkat 1 jurusan Peternakan Polbangtan Bogor, Aditia Bukit yang kembali ke kampung halamannya di Desa Maliwa’a, Kecamatan Idanogawo, Kab. Nias, Sumatera Utara. 

Meskipun menempuh pendidikan di jurusan peternakan, dirinya ternyata berinovasi dalam bidang pertanian dengan memanfaatkan sumberdaya alam setempat. 

"Saya memang seorang mahasiswa jurusan peternakan, namun daerah tempat tinggal saya daerah pertanian, banyaknya ladang pisang dan sisa batang pisang dibuang begitu saja oleh petani, karena saya seorang mahasiswa dan telah mempelajari inovasi dibidang pertanian saya harus berani untuk mencoba menemukan inovasi sederhana yang bertujuan untuk memanfaatkan hasil sampingan atau limbah pertanian," bebernya.

Dirinya membuat persemaian timun menggunakan batang pisang. Penggunaan media taman dari batang pisang adalah salah satu pemanfaatan dari limbah pertanian yang dapat dibuat dengan mudah dan murah.

Pembuatannya pun sangat sederhana yaitu dengan menggunakan batang pisang yang sudah dikerok tengahnya sebagai media dasar, setelah itu bibit timun direndam dalam air dan ditiriskan lalu ditaburkan di media batang pisang, menunggu sekitar dua sampai lima hari bibit timun sudah mulai berkecambah.

Inovasi inilah yang kemudian menarik perhatian petani di sekitar tempat tinggal Aditia. Dirinya pun sering melakukan sharing informasi kepada petani dan beberapa petani pun sudah mulai mengadopsi inovasi dalam memenfaatkan batang pisang sebagai media penyemaian bibit timun.

Aditia pun merasa sangat senang karena bisa bertukar pengalaman dan informasi yang bertujuan untuk membantu petani dalam memanfaatkan limbah pertanian.

Reporter : Arif Prastiyanto
Sumber : Polbangtan Bogor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018