Tuesday, 28 June 2022


Kenalkan Pertanian, BBPP Batangkaluku Ajarkan Siswa TK Bercocok Tanam

08 Feb 2022, 10:58 WIBEditor : Herman

BBPP Batangkaluku Ajarkan Siswa TK Bercocok Tanam

TABLOIDSINARTANI.COM, Gowa --- TK Islam Al Mujahidin WI 02 Kabupaten Gowa mengunjungi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memperkenalkan dunia pertanian pada siswa sejak dini agar mereka mencintai dunia pertanian.

Kegiatan yang diikuti 25 orang siswa TK Islam Al Mujahidin WI 02 merupakan agenda yang pertama dilaksanakan diawal tahun 2022. Tujuannya agar anak-anak bisa belajar langsung dan mengenal tanaman-tanaman yang ada di lingkungan sekitarnya, selain itu mengenalkan anak sejak dini tentang pertanian.     

Mengenalkan dunia pertanian sejak dini menjadi salah satu program Kementerian Pertanian dimana saat itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Prof Dedi Nursyamsi menjelaskan, seluruh kegiatan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan akan mendukung penumbuhan pertanian milenial, salah satunya pertanian masuk sekolah.   

BBPP Batangkaluku dipilih sebagai tujuan kunjungan karena selain merupakan tempat pelatihan bagi petani dan penyuluh, juga tersedianya lahan yang memiliki beragam tanaman, seperti padi, sayur-sayuran, kebun jagung, tanaman buah naga, tanaman mangga serta beranekaragam tanaman buah lainnya.  

Agenda pertama adalah pengenalan tentang tanaman padi, kemudian siswa diajarkan menanam padi langsung di sawah, adapun agenda kedua yakni pengenalan olahan makanan yang sering dikonsumsi salah satunya adalah donat yang bahan utamanya bersumber dari labu, kentang dan sebagainya.  

Kepala  TK Islam Al Mujahidin, Nurhaedah mengatakan melalui kunjungan ini, anak-anak bisa belajar lebih efektif dengan melihat secara langsung, materi pelajaran yang selama ini hanya dipelajari lewat buku dan gambar. 

Lebih lanjut Kepala Sekolah berharap bahwa kunjungan ke BBPP Batangkaluku ini dapat menambah wawasan anak-anak TK tentang pertanian seperti mengenal aneka jenis tanaman, cara menanam padi, sayuran, dan mengenal ternak yang selama ini sudah jarang mereka temui di lingkungan mereka khususnya dikota besar. 

Sumarni, Widyaiswara BBPP Batangkaluku mengatakan tentunya ini merupakan hal baik dalam mengenalkan anak-anak sejak dini tentang pertanian, mereka bisa mengenal berbagai jenis tanaman yang sering mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari, contohnya tanaman padi yang diolah menjadi beras kemudian dimasak menjadi nasi. 

Senyum keceriaan kepuasan dari anak-anak TK Islam Al Mujahidin terlihat jelas dari cara mereka berinteraksi dan mencoba sesuatu yang baru. "Semoga informasi yang diperoleh di BBPP Batangkaluku dapat bermanfaat...amin," ungkap Ria wali murid.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018