Saturday, 16 January 2021


Ramuan Ajaib ala Gianto, Percepat Pertumbuhan Sapi

05 Jan 2021, 15:05 WIBEditor : Yulianto

Gianto di kandang ternak sapinya | Sumber Foto:Sdk

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang---Pandemi, bukan lagi masalah bila kita bisa berinovasi. Tentunya inovasi ini menyesuaikan prokes yang sudah ditetapkan pemerintah.

Salah satu yang sukses berinovasi adalah Gianto, warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Ia berhasil mengembangkan ternak miliknya setelah selama hampir 1 tahun berinovasi mempercepat pertumbuhan sapi.

Inovasi itu dilakukan lantaran tekanan harga pasar yang tidak lagi bersahabat kepada peternak, pasca pandemi yang terjadi di Malang. Ternak sapi yang dimiliki Gianto tidaklah banyak, hanya 5 ekor saja.

Karena tekanan ekonomi, Gianto berupaya semaksimal mungkin mengubah pendapatannya dengan cara instan yaitu mempercepat pertumbuhan sapi. Berbagai cara dilakukan, bahkan ia terpaksa menguras kantongnya agar bisa mewujudkan impiannya. Tanpa dukungan dana maupun support siapapun, ia berupaya sendiri untuk bisa sukses di dunia peternakan.

Motivasi semakin bertambah, usai dirinya tampil diakun youtube Kilas Brawijaya. Bahkan menjadi baterai tambahan, ia pun tancap gas menggelontorkan dana segar dari penjualan kubis miliknya.

Alhasil, Gianto sukses membuat sapi usia 2 bulan berukuran sama seperti usia 4 bulan. Artinya 2 kali lipat besar normal. Saya berterima kasih kepada TNI yang telah mempublikasikan saya di youtube. Bahkan dua kali sapi saya ada di video. Kuncinya di video pertama, itu yang membuat saya termotivasi," tutur Gianto semangat.

Video pertama yang dimaksud adalah di link ini https://youtu.be/r9NRgKlTIFU yang ada di akun Kilas Brawijaya setahun yang lalu dengan judul  "Motivasi budidaya sapi usaha dikembangkan khusus pembesaran".

Motivasinya bertambah, setelah sapi peliharaannya juga dipublikasikan Sinar Tani sehari kemudian di link https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/agri-usaha/10278-Di-Malang-Yuk-Intip-Peluang-Budidaya-Sapi-untuk-Pembesaran berjudul "Di Malang, Yuk Intip Peluang Budidaya Sapi untuk Pembesaran".

"Saya berterima kasih kepada Sinar Tani yang memotivasi saya untuk berinovasi, walaupun inovasi saya ini sebenarnya bonek, yaitu bondo nekad," ujar Gianto.

Pertumbuhan sapi hasil ramuannya bisa dikatakan berbeda dari ukuran normal. Selain lebih cepat pertumbuhannya, kondisi sapi sehat tanpa ada gangguan kesehatan. 

Reporter : Sdk
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018