Jumat, 23 Februari 2024


Kenapa Daging Sapi Australia Rasanya Maknyus?

01 Mar 2021, 14:41 WIBEditor : Gesha

Sapi di Australia diberdayakan secara penggembalaan | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Victoria --- Bicara benua Australia, terbayang adalah hamparan  rumput dan tanah yang gersang. Tapi menariknya, peternakan menjadi wajah dari Benua Kangguru ini. Ternyata sentuhan modern menjadi kuncinya.

Daging sapi dari Australia kian menjadi pilihan masyarakat untuk dikonsumsi. Tak salah memang, karena daging sapi Australia mengandung sumber protein yang tinggi. Tak hanya itu mulai dari tekstur, kelembutan, profil rasa, dan karakteristik kualitas makannya, daging sapi Australia adalah pilihan superior.

Selama lebih 200 tahun Industri daging merah Australia telah berjalan, Australia memproduksi 3 persen daging sapi dunia dan merupakan pengekspor daging sapi terbesar kedua di dunia. Meskipun daging sapi diproduksi di semua negara bagian dan wilayah di Australia, hampir 50% jumlah sapi nasional berada di Queensland, dengan kebanyakan ternak Australia berada di area dan peternakan berbasis padang rumput.

Sapi sapi Australia diternak dengan diberikan pakan rumput berkualitas tinggi, diberi pakan gandum, organik, dan yang dikembangbiakkan khusus. Sapi yang diternak negara tetangga ini, dipelihara dengan baik di padang rumput yang luas, hijau dan bersih, dan proses dengan baik.

Sebagian besar sapi Australia dipelihara sepenuhnya di padang rumput, untuk menghasilkan grassfed beef. Dan hanya sekitar 2-3 persen ternak Australia berada dalam fasilitas penggemukkan atau feedlot sekali waktu, untuk menghasilkan grainfed beef. Penggemukan ternak (feedlot) terkelola tempat ternak diberi diet seimbang dan bernutrisi untuk memproduksi daging sapi yang kualitas dan kuantitasnya konsisten. Tercatat, ada sekitar 450 tempat penggemukan terakreditasi di seluruh Australia, mayoritas berlokasi di area yang dekat dengan pasokan ternak dan gandum.

Kualitas daging sapi Australia juga selalu terjaga karena para peternak teliti dalam memastikan seluruh tahap pemeliharaan dan dari lingkungan hidupnya, mulai kesehatan hewan sampai dengan standar pakannya. Selain menjaga kualitas ternaknya, industry daging merah Australia juga peduli akan tanah dan lingkungan peternakan dengan cara memberikan balas jasa kepada komunitas lokal, dan memastikan peternakan layak secara ekonomis dan sosial.

Fokus peduli lingkungan Industri daging sapi Australia seperti pengurangan emisi, penggunaan air, dan manajemen tanah. Ini tak hanya penting untuk lingkungan, namun juga untuk memproduksi daging sapi dan domba yang berkualitas tinggi dan bernutrisi.

Bahkan sistem rumah potong daging sapi Australia menggunakan teknologi terkini untuk memastikan efisiensi, keamanan, dan keandalan produksi tanpa mengorbankan tingkat superior keamanan daging serta menjamin sistem halal dan higienis saat di produksi sehingga menjadi daging pilihan yang paling banyak dicari untuk konsumsi dan dinikmati oleh konsumen di beberapa negara untuk masyarakat di rumah ataupun di restaurant.

 

Reporter : NATTASYA
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018