Friday, 01 July 2022


Gunakan Pakan Rekayasa Nutrisi, Roy Gemukkan Ratusan Sapi Dalam 45 Hari

07 Feb 2022, 15:23 WIBEditor : Herman

Roy Anhar Sinambela di Kandang PT Lamkerkam, Pematang Siantar | Sumber Foto:RE Gultom

TABLOIDSINARTANI.COM, Pematang Siantar --- Serius dibisnis peternakan menjadi pilihan Roy Anhar Sinambela  SE. Dengan keuletan dan pengembangan usaha gaya anak muda, PT. Lembukerkam yang dipegangnya saat ini terus berkembang dengan produksi 90-100 ekor sapi yang dipotong setiap bulannya.  

Beternak memang bukan hal baru bagi Roy Anhar Sinambela SE. Lahir dan besar dikeluarga peternak, membuat Roy  paham betul seluk beluk beternak sapi, kerbau dan kambing.  

Mendapatkan tanggung jawab untuk meneruskan usaha peternakan sang ayah almarhum H Anwar, Roy kini sukses mengembangkan PT. LEMKERKAM (Lembu Kerbau Kambing) dengan jumlah sapi kerbau sekitar 250 ekor.

Dalam menjalankan usaha penggemukan sapi, pemuda berusia 34 tahun ini mempekerjakan 20 orang karyawan yang bertugas untuk mengurusi kandang seluas 2 ha yang terletak di Desa Bah Sorma, Kecamatan Sita Lasari, Kota Pematang Siantar, Prov Sumatera Utara.

“Dalam satu hari, saya bisa memotong 3-4 ekor sapi dengan berat 500-600 kg/ekor,” ungkap Roy ketika dikunjungi Kontributor tabloidsinartani.com ke kandangnya.

Dari rumah potong sederhana, daging sapi tersebut kemudian dibawa ke pusat pasar kota Pematang Siantar yang kemudian di pasarkan kepada para konsumen yang kebanyakan adalah rumah makan, hotel, restoran dan masyarakat umum.

Untuk mendapatkan sapi potong, Roy mengaku setiap minggunya ia mendapat pasokan dari luar kota Pematang Siantar seperti dari PT. Juang, PT. Iard Deli Serdang serta dari Prov Lampung. Hal tersebut dilakukan karena sapi lokal yang ada di Pematang Siantar terbatas.

Dalam masa tunggu pemotongan, ternak di PT. LEMKERKAM mendapatakan asupan pakan berkualitas.  Mulai dari rumput jerami padi, tunggul jagung, lumpur sawit, bungkil kelapa sawit dan berbagai pakan lainnya.

Selama menjalankan usahanya, Roy mengaku belum pernah mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian dan Peternakan. Karena itu disarnakan agar membentuk kelompok tani yang melibatkan masyarakat sekitar yang dibawah bimbingan Penyuluh Pertanian Lapangan(PPL).

Saat ini Roy melakukan kerjasama dengan Masyarakat Peternak dan Petani Indonesia (Mastertaniin) yang berpusat di Kab Labuhan Batu Selatan.

“Kami bekerjasama dengan Mastertaniin untuk melakukan penggemukan sapi selama 45 hari dengan target penambahan bobot 2-4 kg/hari, menggunakan pakan ternak hasil rekayasa nutrisi pakan,” ungkap Roy yang didampingi team Mastertaniin Dr Harmaini Sitorus, Budi Patria SP dan Romadi SE serta koordinator ternak PT Lemkerkam Candra.

Reporter : RE Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018