Friday, 01 July 2022


Karantina Pertanian Parepare Lepas Sapi Potong Tujuan Jawa Barat

20 Jun 2022, 13:11 WIBEditor : Ngadem1n

Karantina Pertanian Parepare Lepas Sapi Potong Tujuan Jawab

TABLOIDSINARTANI.COM, Parepare - Setelah menjalani masa pengawasan dan pemeriksaan fisik selama 14 hari dan tidak ditemukan gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Karantina Pertanian Parepare melalui wilayah kerja Pelabuhan Cappa Ujung melepas 450 ekor sapi potong tujuan Subang, Jawa Barat. 

Selain pengawasan dan pemeriksaan fisik juga dilakukan pengambilan sampel darah guna uji laboratorium oleh Pejabat Karantina Pertanian Parepare di Instalasi Karantina Hewan (IKH) PT. Berdikari United Livestock (BULS) yang berlokasi di Kabupaten Sidrap. 

Kepala Karantina Pertanian Parepare, A. Azhar, menyampaikan PT. BULS memiliki IKH yang telah ditetapkan Badan Karantina Pertanian. Untuk itu sapi yang berada di PT. BULS tetap dalam pengawasan Karantina Pertanian Parepare. 

 

Lebih lanjut Azhar menuturkan, pengujian laboratorium terhadap sampel darah sapi meliputi pemeriksaan ulas darah tipis untuk mendeteksi parasit darah dan Rose Bengal Test (RBT) untuk mendeteksi brucellosis. Hasil pemeriksaan negatif, selanjutnya Sertifikat Kesehatan Hewan dapat diterbitkan sebagai syarat utama masuk ke daerah tujuan. 

"Menjelang Hari Raya Iduladha distribusi kebutuhan hewan qurban menjadi perhatian masyarakat. Pulau Sulawesi secara umum masih bebas PMK, jadi kami tetap bisa mengirimkan ternak antar pulau dengan menjamin kesehatan, keamanan, dan kelayakannya," pungkas Azhar  

Selanjutnya Sertifikat Kesehatan Hewan diserahkan kepada PT. BULS sebagai syarat lalulintas hewan antar daerah. 

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018