Monday, 08 August 2022


Satgas PMK Terbitkan SE Terbaru Penanganan PMK

26 Jul 2022, 16:23 WIBEditor : Yulianto

Pemberian vaksin PMK di Grobogan | Sumber Foto:Humas Kementan

TABLOIDSINARTANI.COM, Grobogan---Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang ternak belum sepenuhnya surut. Guna mempercepat penanganan, Satgas PMK telah mengeluarkan Surat Edaran (SE).

SE Nomor Tahun 2022 tanggal 19 Juli 2022 tentang pengendalian lalu lintas hewan rentan PMK dan produk hewan rentan PMK berbasis zonasi untuk mengendalikan penyebaran virus penyakit mulut dan kuku di berbagai daerah di wilayah Indonesia.

"Kami berharap agar implementasi SE tersebut dapat dikawal oleh Satgas PMK Provinsi dan Satgas PMK Kabupaten Kota. Kita bekerja dengan segala kemampuan dan usaha yang serius agar penyakit ini segera dapat dikendalikan dan Indonesia kembali bebas dari PMK," kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah.

Disamping vaksinasi, Nasrullah mengatakan, hal yang pentinng juga untuk dilakukan adalah pengetatan lalulintas khususnya dari zona merah dan zona kuning.

Sedangkan vaksinasi bertujuan memberikan kekebalan kepada ternak sapi dan kerbau yang sehat secara maksimal, sehingga diharapkan dapat mencegah dan terhindar dari penyakit PMK.

Disamping itu juga sebagai bentuk pendampingan dan motivasi kepada peternak agar bersemangat dalam pengembangan usaha peternakan dan tidak putus asa dalam menghadapi wabah penyakit PMK ini.

"Kita bersyukur sejak beberapa hari yang lalu vaksin sudah ada. Harapan saya vaksinasi tahap pertama ini sudah semua dilakukan untuk Jawa Tengah ini alokasi vaksin tahap pertama sebanyak 79.900 dosis dan kabupaten Grobogan mendapat alokasi 5.000 dosis," katanya.

Nasrullah menjelaskan, vaksin PMK diberikan kepada sapi yang masih sehat dan belum terkena virus PMK. Namun terhadap desa yang merah, diturunkan pada satuan farm, atau kandang komunal atau kelompok yang masih bersih dari PMK, baru bisa dilakukan vaksinasi.

Reporter : julian
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018