Sabtu, 07 Desember 2019


RTM Karawang Siap Bekerja dengan Ayam KUB dari Balitbangtan

01 Agu 2019, 12:17 WIBEditor : Gesha

Kepala BB Pascapanen, Dr. Prayudi Syamsuri (tengah) menyaksikan penyerahan bantuan DOC ayam KUB untuk RTM Karawang | Sumber Foto:Prima

TABLOIDSINARTANI.COM, Karawang --- Kementerian Pertanian melalui program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) telah menyentuh Rumah Tangga Miskin (RTM) sejak 2018 yang bertujuan untuk mengeluarkan mereka dari garis kemiskinan dengan memberikan kail berupa beternak ayam. 

Masing-masing eselon 1 di Kementerian Pertanian (Kementan) mendapatkan tanggung jawab daerah binaan Program Bekerja. Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian mendapatkan tugas untuk menyalurkan DOC ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) dan bahan serta alat pendukung beternak ayam kepada 6235 RTM di Kabupaten Karawang yang dimulai sejak Maret 2019. 

Menutup rangkaian penyaluran DOC ayam KUB di Karawang, BB Pascapanen Pertanian menyerahkan DOC ayam KUB dan paket lengkap bantuan program Bekerja sebanyak 6650 ekor DOC ayam KUB kepada 133 RTM di Desa Karang Sinom, Kecamatan Tirta Mulya, Kabupaten Karawang,  Rabu (31/7).

"Sehingga jumlah ayam yang telah disalurkan di Kabupaten Karawang genap berjumlah  311.750 ekor ayam KUB," tutur Kepala BB Pascapanen, Dr. Prayudi Syamsuri yang hadir dan berbaur dengan RTM penerima pada penyerahan DOC ayam KUB ini. Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Camat Tirta Mulya, UPTD, Kapolsek Tirta Mulya, Babinsa, dan Kepala Desa Karang Sinom pun turut hadir dalam kegiatan ini. 

Prayudi mengatakan bahwa Desa Karang Sinom ini merupakan desa terpilih diantara banyak Desa di seluruh Indonesia. Di Kabupaten Karawang saja, hanya ada 4 kecamatan, 34 desa dan 6235 RTM saja yang mendapatkan bantuan program BEKERJA.

"Sehingga para RTM harus bersyukur dan menerima hal ini sebagai amanah. Tinggal bagaimana memelihara dan memanfaatkan hasil beternaknya berupa telur dengan baik untuk pemenuhan kebutuhan protein keluarga dan sebagian untuk dijual," bebernya.

Kepala Desa Karang Sinom,  Nano Karno, menyatakan dirinya akan memantau pemeliharaan bantuan program BEKERJA ini bahkan sampai di tiap RTM. Sehingga memastikan ayam KUB bisa bertelur dan mampu mendongkrak kemandirian RTM.

Sementara itu, Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Handoko menyatakan harapannya agar RTM memiliki niat untuk berusaha dan tidak bosan untuk memelihara ayam KUB bantuan program BEKERJA ini. 

Setelah selesai kegiatan distribusi bantuan program BEKERJA di Kabupaten Karawang ini, maka akan beranjak ke Kabupaten Batang, Jawa Tengah dengan menyentuh 7412 RTM di Kecamatan Reban dan Kecamatan Bawang. "Semoga pelaksanaan program BEKERJA di Kabupaten Batang akan berjalan dengan lancar dan sukses serta bermanfaat bagi RTM penerima dan wilayah yang mendapat bantuan," harap Prayudi.

Reporter : Prima Luna
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018