Minggu, 19 Mei 2024


P2KP Gandeng Toko Tani , Jual Ikan Secara Online

15 Apr 2020, 11:25 WIBEditor : Indarto

Ikan bisa dibeli secara online | Sumber Foto:Dok. Biro Humas dan KLN KKP

Adapun produk-produk yang ditawarkan mulai dari ikan beku baik utuh maupun filet. Serta aneka olahan ikan seperti bakso, lumpia, siomay, fish roll, nugget, tahu tuna, tekwan, pempek, kaki naga, bandeng presto, dan lain-lain.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta--- Toko Tani Indonesia Center (TTIC) tak  hanya menjual sayur, daging dan kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) saja kepada masyarakat. TTIC berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel) juga menyediakan ikan  yang bisa dibeli secara daring.

Tersedianya produk ikan di TTIC tersebut berkat kerja sama Pusat Pengembangan Kewirausahaan Kelautan dan Perikanan (P2KP)  dengan TTIC Kementerian Pertanian (Kementan). Melalui kerjasama ini, masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya akan mendapatkan kemudahan untuk melakukan pembelian produk ikan secar daring.

" Caranya pun cukup mudah karena menggunakan fitur GoShop yang sudah tersedia di aplikasi Gojek,” kata Direktur Pemasaran, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Machmud, di Jakarta, Rabu (15/4).

Machmud yang sekaligus menjabat sebagai Direktur P2KP di Jakarta mengatakan,  P2KP sebagai pelopor kerjasama dengan TTIC merupakan  program kewirausahaan bagi para pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), khususnya  yang akan menjalani purna tugas dan ingin menjadi wiraswasta/enterpreneur di bidang kelautan dan perikanan.

Menurut Machmud, untuk mendapatkan ikan di TTIC,  pembeli cukup menginput nama Toko Tani di daftar toko pada aplikasi Go Shop. Selanjutnya, tinggal melakukan pemesanan produk ikan yang akan dibeli.

" Kalau  terkait dengan informasi harga atau stok, pelanggan bisa menghubungi nomor 0812 8448 6476," ujarnya.

Adapun  produk-produk  yang ditawarkan mulai dari ikan beku baik utuh maupun  filet. Serta aneka olahan ikan seperti bakso, lumpia, siomay, fish roll, nugget, tahu tuna, tekwan, pempek, kaki naga, bandeng presto, dan lain-lain.

Pastinya, ikan yang dijajakan di TTIC ini produknya bermutu dan  sesuai dengan standar keamanan pangan. " Ini salah satu
keunggulan yang ditawarkan P2KP kepada pembeli," ujarnya.

Produk-produk ikan tersebut, lanjut Machmud, berasal dari pemasok yang terpercaya untuk menjamin higienitas dan standar mutu.

Machmud mengatakan, ke depannya P2KP akan bekerjasama dengan TTIC di lokasi lainnya yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Sedangkan tujuan kerjasama ini adalah, agar pangsa pasar produk-produk perikanan bisa semakin luas.

" Masyarakat juga bisa lebih mudah mengakses ikan di tengah pandemi Covid-19,” kata Machmud.

Seperti diketahui, toko tani merupakan salah satu usaha pemerintah, melalui Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memotong rantai pasok pangan. TTIC sendiri menjual berbagai barang kebutuhan pokok lainnya seperti beras, gula, minyak goreng, dan lain-lain. 

Reporter : Dimas
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018