Selasa, 17 September 2019


Presiden Jokowi : Ikuti Perubahan Teknologi, Tapi Jangan Hilangkan Ke-Indonesia-an Kita

31 Jan 2019, 17:03 WIBEditor : Gesha

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyapa ribuan generasi millenial yang concern pada lingkungan dan pertanian di Green Fest 2019 | Sumber Foto:YOT

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengapresiasi responsifnya generasi muda di era teknologi kini.

"Ikuti terus perubahan jaman, perubahan teknologi, pelajari terus. Tetapi jangan ubah kepribadian ciri khas Indonesia yanh beradab, beretika, tata krama dan sopan santun," tutur Presiden Joko Widodo di hadapan ribuan millenial yang hadir dalam Green Festival 2019 di Jakarta Convention Center, Kamis (31/1).

Presiden Jokowi bahkan menjuluki generasi millenial sebagai generasi inovator dan responsif terhadap teknologi dari segala sisi.

"Yang ingin membangun sistem silahkan, aplikasi silahkan, offline silahkan. Terbuka sangat lebar dan yang bisa responsif adalah generasi millenial," tambah Presiden Jokowi.

Untuk sektor pertanian, beragam teknologi sudah banyak diadaptasi dan bisa diikuti oleh masyarakat. Mulai dari vertikultur, hidroponik hingga beragam platform online yang bisa membantu petani.

Karena itu, Presiden Jokowi meminta agar generasi millenial yang kini tengah belajar (mahasiswa) atau bekerja di perkotaan untuk kembali membangun desa dengan beragam ide-ide dan inovasi baru agribisnis.

"Disitulah perlunya kreativitas muda untuk mengolah potensi daerah," tegas Presiden Jokowi.

Paling penting, setiap ada ide usaha atau inovasi, buatlah proposal dan mencoba cari investor.

Jika ditolak, ide perbaharui atau ajukan ke perbankan untuk mendapatkan bantuan permodalan.

Bisa juga dengan menyambungkan antara pemasaran online dan offline sehingga bisa secara langsung membantu produksi petani dan nelayan sehingga tidak memerlukan mata rantai yang banyak.

Apalagi bisa masuk marketplace global dengan jumlah dan lapangan kerja yang lebih besar lagi.

"Jangan mudah menyerah karena dalam kesulitan akan muncul kesuksesan yang tidak terduga," tutup Presiden Jokowi. 

Untuk diketahui, Green Fest 2019 dihadiri oleh 4 ribu millenial yang memiliki concern dan passion di bidang lingkungan dan pertanian khususnya urban farming. Peserta berasal dari berbagai latar belakang mulai dari mahasiswa, pelaku usaha hingga BUMN.

Reporter : Nattasya
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018