Sabtu, 17 Agustus 2019


Dapat Bantuan Rp 1,12 Trilliun, Ciamis Terus Membangun Pertanian

22 Mar 2019, 16:09 WIBEditor : Gesha

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengapresiasi semangat masyarakat tani Ciamis yang semangat membangun pertanian | Sumber Foto:FAJAR

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Ciamis --- Di minggu ketiga Maret 2019, Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan roadshow di kantong pertanian Jawa Barat. Kali ini giliran Ciamis yang mendapatkan bantuan sarana produksi pertanian. 

"Selama 4 tahun terakhir, Jawa Barat mendapatkan bantuan total Rp 30 Trilliun. Khusus Ciamis sendiri Rp 1,12 Trilliun yang diberikan pemerintah pusat (Kementerian Pertanian) untuk pembangunan pertanian," tutur Menteri Pertanian Amran Sulaiman di hadapan petani, santri millenial dan ratusan masyarakat tani di Lapangan Imbangan, Ciamis, Jumat (22/3).

Menteri Amran mengapresiasi pembangunan pertanian yang ada di Ciamis khususnya beberapa komoditas perkebunan seperti kelapa dan kopi yang menjadi icon dari Ciamis.

Menteri Amran menyatakan sejak 2 tahun lalu, Kementan telah membagikan 30 juta batang bibit unggul baik tanaman hortikultura maupun perkebunan, serta 2 juta bibit ayam. Pembagian bibit merupakan merupakan langkah penting untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk pertanian.

"Dengan bibit unggul Indonesia bisa lebih mengukuhkan sebagai negara eksportir kelapa terbesar yg saat ini sudah mencapai 1,8 juta ton. Kopi asal petani Cianjur juga lebih mulai merambah pasar dunia," ujar Menteri Amran.

Sememtara itu, Bupati Ciamis Iing Syam Arifin sangat berterima kasih atas segala bantuan yang telah diberikan Kementerian Pertanian.

"Kabupaten kami adalah agraris. PDRB kami 27 persen dari sektor pertanian. Bantuan pemerintah ke Ciamis lebih daripada kabupaten di tetangga kami. Setiap yang kami butuhkan berdasarkan kepentimgan dan kegunaan untuk petani selalu memberikan," beber Iing.

Dirinya mencontohkan bantuan "beko" untuk mempermudah perluasan lahan yang dilakukan oleh TNI dengan masyarakat. "Perluasan lahan cetak sawah bisa melebihi target!," tukasnya.

Bantuan Tepat Guna

Dalam kunjungan ke Ciamis, Menteri Pertanian memberikan beragam bantuan sarana prasarana produksi pertanian.

Mulai dari Benih Padi Inbrida, Power Thresher, Corn Sheller, Dukungan Kawasan Sayuran lainnya (Aneka Cabai, Benih Jagung Manis, dan Benih Buah), Benih Kelapa, Domba, Traktor Roda 2, Cultivator, Pompa Air, Ayam untuk KSTM, Benih Cengkeh, Benih Lada, dan Pengembangan serta Penumbuhan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Anggota Komisi 1 DPR RI, Agun Gunanjar Sudarsa menuturkan bantuan yang diberikan oleh Menteri Amran sangatlah tepat guna dan tepat sasaran.

Contohnya, pemberian traktor roda 2 yang memang sangat dibutuhkan petani, mengingat lahan yang tidak terlalu luas dan berbentuk terasering sehingga memudahkan petani untuk mengolahnya.

"Konsentrasi Menteri Amran untuk pertanian sangatlah luar biasa. Sekarang tidak ada lagi rakyat yang menganggur. Semua bekerja karena sudah diberikan berbagai bantuan untuk berusaha sendiri. Dan bisa dinikmati hasilnya oleh masyarakat," tukasnya.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018