Kamis, 18 Juli 2019


Sambil Liburan, Yuk Belajar Wirausaha Pertanian di 1st Millenial Indonesian Agropreneurs

12 Apr 2019, 16:40 WIBEditor : Gesha

Kepala BPPSDMP, Momon Rusmono dan Kepala Pusat Pendidikan, Idha Widi Arsanti melakukan konferensi pers st Millenial Indonesian Agropreneurs | Sumber Foto:NATTASYA

wirausahawan muda pertanian yang mengisi booth merupakan success story Kelompok Program Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) yang inovatif, kreatif dan mampu menembus komersial dari produk yang dihasilkan mereka.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta ---  Bingung mengisi acara di liburan panjang nanti?Yuk isi dengan kegiatan yang berfaedah, salah satunya dengan belajar wirausaha pertanian di 1st Millenial Indonesian Agropreneurs. 

Usaha pertanian kini tengah melesat, setiap tahunnya selalu ada ide dan peluang usaha baru yang ditekuni oleh generasi millenial. Beberapa diantaranya bahkan sudah stabil dan dikenal secara luas. Hal tersebut tentu saja menggembirakan karena minat generasi muda terhadap pertanian sudah membaik. 

Sebagai upaya untuk meningkatkan peran serta millenial dan masyarakat umum, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menyelenggarakan 1st Millenial Indonesian Agropreneurs (MIA) saat liburan panjang (18 April-21 April 2019) di Bogor. 

"Bisa menjadi ajang untuk menumbuhkan minat berusaha, minat untuk bekerja bahkan minat untuk belajar di sektor pertanian. Bahkan menjadi momentum untuk mempromosikan Kelompok Wirausaha Muda Pertanian pada masyarakat," ungkap Kepala BPPSDMP, Momon Rusmono dalam konferensi pers 1st Millenial Indonesian Agropreneurs (MIA) dengan wartawan di Jakarta, Jumat (12/4).

Ajang yang baru pertama kali digelar dengan skala nasional ini akan menampilkan 30 booth yang ditata secara menarik berdasarkan produknya. Mulai dari Agro Mekanika Zone (alat, mesin dan contoh hasil proses olahan pangan), Coffee plus Zone (aneka produk perkebunan, hortikultura dan lainnya), hingga Momo plus Zone (aneka produk hasil unggas daging dan telur).

Bertempat di Botani Square Mall Bogor selama 4 hari, pengunjung bisa puas ngobrol dengan wirausahawan muda pertanian yang sudah sukses dan eksis.

Menariknya, wirausahawan muda pertanian yang mengisi booth merupakan success story Kelompok Program Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) yang inovatif, kreatif dan mampu menembus komersial dari produk yang dihasilkan mereka. 

Untuk diketahui, PWMP merupakan program dari Kementerian Pertanian khususnya BPPSDMP untuk menumbuhakan pengusaha-pengusaha baru dari sektor pertanian dengan target utama adalah sekolah pertanian lingkup Kementerian Pertanian, Mahasiswa Perguruan Tinggi Mitra dan Alumni dari Fakultas Pertanian terkait.

Tak hanya pameran, beragam kegiatan lain juga bisa diikuti oleh masyarakat. Mulai dari Millenial Talkshow, Millenial Vlog, Cooking Specialty, MIA Awards, Millenial Meet Bussiness, Millenial Innova (bimtek aneka kopi dan Barista), Music Creative dan Millenial Debate.

"Banyak kegiatan yang millenial banget nantinya. Seperti Talkshow dengan berbagai guest star seperti Wanda Hamidah, Ahmad Zacky (founder BukaLapak), Teddy K. Somantri (Javanero) dan Rici Solihin (salah satu duta petani muda)," beber Kepala Pusat Pendidikan, Idha Widi Arsanti menambahkan.

Bahkan bakal ada brewing kopi yang dilakukan oleh profesional brewer. Paling menarik adalah sesi Running Start Up Bussiness yang bisa diikuti oleh milenials yang dekat dengan start-up bisnis.

Khusus untuk anak-anak SMP atau SMA yang baru lulus tapi punya passion di dunia pertanian, bisa cari info langsung tentang pendidikan tinggi vokasi pertanian seperti Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjineering Pertanian Indonesia (PEPI) bahkan Sekolah Menengah Kejuruan Penyuluhan Pertanian (SMK-PP).

 

Reporter : Cha
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018