Monday, 10 August 2020


Sertifikat Kompetensi SDM Pertanian Diakui Dalam dan Luar Negeri

05 Feb 2020, 16:44 WIBEditor : Ahmad Soim

Kapuslatan Kementan Bustanul Arifin | Sumber Foto:Dok

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Muaro Jambi, Badan Pengembangan dan Penyuluhan Sumber Daya Pertanian (BPPSDMP) melakukan tiga program aksi antara lain Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), penyuluhan pendidikan vokasi, dan pelatihan mendukung petani pengusaha milenial serta pelatihan lain yang mendukung program utama kementerian pertanian (05/02).

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Ir. Bustanul Arifin Caya mengatakan bahwa untuk mewujudkan ketiga program aksi tersebut BPPSDMP telah berkomitmen untuk bekerja sekuat tenaga, fokus dan terus update dengan teknologi informasi.

Pusat Pelatihan Pertanian yang merupakan salah satu pilar BPPSDMP mempunyai amanat dan tanggungjawab untuk meningkatkan kapasitas SDM pertanian menjadi professional, mandiri, berdaya saing serta memiliki jiwa wirausaha.

“Tugas Puslatan adalah mencetak SDM yang professional, mandiri, berdaya saing, serta memiliki jiwa wirausaha. Salah satunya adalah dengan mengikuti sertifikasi yang merupakan program unggulan Puslatan, dan sudah menjadi hal yang sangat penting bagi SDM Pertanian untuk mendapatkan pengakuan baik di dalam negeri ataupun di luar negeri akan kompetensi yang dimiliki”, ungkap Kapuslatan.

Lebih lanjut Kapuslatan menyampaikan bahwa “Sertifikasi kompetensi ini diperoleh melalui pembelajaran, pelatihan, maupun pengalaman kerja. Sertifikasi ini didapat melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang mempunyai lisensi resmi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)”.

Pelaksanaan sertifikasi ini berbarengan dengan kegiatan pelatihan e-learning yang diselenggarakan oleh Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi bagi petani milenial yang berasal dari enam provinsi wiliyah kerja Bapeltan Jambi.

Reporter : Hendri Y
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018