Sabtu, 24 Agustus 2019


PENAS XVI Makin Dekat, Kementan dan Pemprov Sumbar Tingkatkan Persiapan

30 Jul 2019, 14:17 WIBEditor : Gesha

Persiapan PENAS XVI di Sumatera Barat terus dikebut | Sumber Foto:LELY

TABLOIDSINARTANI.COM, Padang --- Pekan Nasional (PENAS) XVI yang terpusat di Sumatera Barat (Sumbar) kian dekat, berbagai persiapan pun dilakukan oleh Kementerian Pertanian dan Pemerintah Provinsi Sumbar.

Untuk memastikan kesiapan baik dari Pemerintah Pusat dan Daerah, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian  (Kementan) Idhi Widi Arshanti beserta  tim dari Bidang Satu (Buka Tutup, Temu Wicara, Pemberian Penghargaan dan Hadiah Lomba) melakukan  pertemuan koordinasi di SMK NEGERI 6 PADANG.

Ketua KTNA Provinsi Sumbar, Oyon Syahroni menyatakan Bidang satu memiliki tanggung jawab paling berat karena dilakukan di lapangan terbuka. Sehingga banyak persiapan yang harus di lakukan dimana 50.000 orang akan berkumpul.

Rencananya lahan  dengan luasan 3.3 Ha akan ditimbun 50 – 100 meter sehingga lapangan rata atau alternatif lahan akan dialasi dengan papan kayu.  

Selain itu, Oyon menyampaikan bahwa pada tanggal 7 – 11 September 2019 akan diadakan PEDA (Pekan Daerah Petani dan Nelayan) yang akan dihadiri oleh seluruh ketua KTNA, sehingga diharapkan pusat dapat hadir guna melihat perkembangan persiapan PENAS.

Menanggapi presentasi dan kesiapan daerah, Kapusdiktan Idha Widi Arsanti menyatakan bahwa persiapan bidang satu sudah berjalan dengan baik. "Dimana koordinasi dan sinergi antar panitia di Kementan, Prov Sumbar, KTNA sudah cukup mantap untuk bersama- sama mendukung penyelenggaraan Penas XVI tahun 2020 nanti," papar Idha.

Untuk diketahui, Pekan Nasional (PENAS) XVI yang akan berlangsung  di Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2020 menjadi agenda expo terbesar di bidang Pertanian dan Perikanan. Hal ini dikarenakan Penas XIV merupakan ajang yang mempertemukan para petani, penyuluh, pihak swasta, dan pemerintah sebagai wadah edukasi, pertukaran informasi, pengembangan kemitraan, dan jejaring kerjasama.

Dalam kesempatan terpisah, Walikota (Wawako) Padang, Hendri Septa menyebut Persiapan Pekan Nasioal (Penas) Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI yang akan digelar 20 hingga 25 Juni 2020 di Aia Pacah, Kota Padang mendatang telah mencapai 50 persen. 

"Hingga kini, kami telah membuka lahan untuk pameran, menyiapkan 580 stand dan telah menyiapkan penginapan sebanyak 14.187 kamar, penginapan adalah rumah warga tersebar di 20 kelurahan di tiga kecamatan yaitu Nanggalo, Kuranji dan Koto Tangah," paparnya.

Hendri mengatakan, hingga kini Pemerintah Kota Padang terus meningkatkan kerja sama dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian. "Kerja sama ini ada kaitannya dengan penyediaan bibit serta edukasi untuk petani modern," ujarnya.

Reporter : Lely
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018