Kamis, 02 Mei 2024


Tudang Sipulung, Tradisi Petani Pinrang saat Musim Tanam

10 Nov 2021, 15:10 WIBEditor : Yulianto

Tudang Sipulung menjadi rutinitas petani Pinrang sebelum turun sawah dengan memadukan kearifan lokal dengan teknologi | Sumber Foto:Suriady

TABLOIDSINARTANI.COM, Pinrang ---Kearifan lokal menjadi salah satu kekayaan budaya di Indonesia, termasuk budaya saat bertanam padi. Seperti di Kabupaten Pinrang, petani mempunyai budaya Tudang Sipulung yang menjadi rutinitas sebelum turun sawah dengan memadukan kearifan lokal dengan teknologi.

Camat Watang Sawitto, Andi Sinapati Rudi saat membuka Rapat Tudang Sipulung, yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Watang Sawitto, Jalan Jend. Soekawati, Kel. Maccorawalie Kec. Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, Kamis (4/11). "Melalui musyawarah Tudang Sipulung, petani diharapkan bisa menghasilkan kesepakatan bersama untuk jadwal tanam padi tanpa mengindahkan kearifan lokal," ucapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Pinrang Andi Tjalo Kerrang mengatakan, Kecamatan Watang Sawitto adalah daerah yang memiliki 4 UPTD PSDA di Kab. Pinrang, sehingga ada beberapa saluran irigasi untuk pengambilan air saat akan turun sawah.

Saluran induk Sawitto mengairi empat sekunder. Diantaranya, Saluran Sekunder Alitta-Carawali, Saluran Sekunder Jampue, Saluran Sekunder Langnga dan Saluran Sekunder Sawitto. Dengan demikian, jadwal yang akan ditetapkan saat turun sawah tidak akan sama. Karena itu, Andi Tjalo menghibau kepada masing masing penyuluh untuk menyampaikan kesetiap Kelompok Tani untuk melakukan pembersihan saluran irigasi sebelum turun sawah.

 

Adapun yang hadir dalam kegiatan Tudang Sipulung di Kantor Camat Watang Sawitto. Diantaranya, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Andi Tjalo Kerrang yang pada kegiatan kali ini didampingi oleh Syukur Tanri, Camat Watang Sawitto Andi Sinapati Rudi bersama Muspika Kecamatan Watang Sawitto, para Kelompok Tani Kecamatan Watang Sawitto dan para ASN Lingkup Pemerintah Kecamatan Watang Sawitto serta selalu mematuhi Protokol Kesehatan.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018