Jumat, 21 Juni 2024


HUT Ke-3, Kepala BRIN Ajak Masyarakat untuk Melestarikan Alam

29 Apr 2024, 14:18 WIBEditor : Gesha

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) baru saja merayakan hari jadinya yang ketiga pada hari, Minggu (28/4/2024). Momen ini dimanfaatkan oleh BRIN untuk mengajak anak muda menjaga konservasi | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor -- Pada peringatan hari jadi yang ke-3, BRIN mengajak generasi muda untuk merawat alam dan mencintai lingkungan. Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc., Kepala BRIN, menyampaikan pesan ini dengan hangat dalam sambutannya saat acara Sunset di Kebun Raya Bogor, Minggu (28/04).

Pada kesempatan itu, Kepala BRIN secara simbolis memberikan 'plant heroes' kepada salah satu musisi yang tampil dalam acara Sunset di Kebun, sambil menyampaikan pesan bahwa acara tersebut bertujuan untuk mendekatkan generasi muda dengan Kebun Raya, mengenalkan kekayaan hayati Indonesia melalui Kebun Raya, dan menciptakan rasa cinta terhadap lingkungan.

Harapannya, acara Sunset di Kebun ini dapat terus menginspirasi generasi muda untuk sering mengunjungi Kebun Raya.

“Kami berharap teman-teman generasi muda bisa sering datang ke Kebun Raya, belajar mengenal pohon dan tumbuhan, menjadi partner dan mitra kita semuanya untuk menjaga kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia,” ujarnya.

Kebun Raya Bogor, yang dimiliki oleh BRIN, berperan sebagai konservasi ex-situ tumbuhan dan pusat riset untuk keanekaragaman hayati Indonesia. Dalam pengembangannya, PT. Mitra Natura Raya bekerja sama dengan BRIN untuk meningkatkan pelayanan publik dan mengubahnya menjadi Kebun Raya berkelas dunia.

Selain itu, upaya ini juga bertujuan untuk memperbarui komunikasi dan promosi Kebun Raya agar relevan dengan tren komunikasi anak muda.

Tujuannya bukan hanya mempromosikan Kebun Raya, tetapi juga meningkatkan kesadaran generasi muda tentang isu lingkungan dan mengangkat Kebun Raya sebagai infrastruktur riset BRIN untuk keanekaragaman hayati Indonesia.

 Program Sunset di Kebun tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik Kebun Raya, tetapi juga untuk mempromosikan lima fungsi utamanya: konservasi, edukasi, wisata, penelitian, dan jasa lingkungan.

Acara ini tidak hanya menampilkan pertunjukan musik, tetapi juga menghadirkan pesan-pesan lingkungan, seperti pentingnya merawat tumbuhan dan mendaur ulang sampah, serta mengajak generasi muda untuk peduli dan menjadi penjaga konservasi.

Marga Anggrianto, Direktur PT. Mitra Natura Raya, mengapresiasi kehadiran Kepala BRIN dalam acara Sunset di Kebun.

"Pesan Kepala BRIN untuk mencintai keanekaragaman hayati Indonesia melalui Kebun Raya sangat jelas. Semoga Kebun Raya tidak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga memperkuat perannya sebagai kawasan konservasi, riset, dan eduwisata milik BRIN yang diminati oleh generasi muda untuk mempelajari keanekaragaman hayati Indonesia," ujarnya dengan tegas.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018