Jumat, 06 Desember 2019


Panen Jagung 17 ton per Ha di Barito Timur

07 Nov 2019, 13:43 WIBEditor : Ahmad Soim

Ubinan jagung di Bartim | Sumber Foto:Kontributor

 

TABLOIDSINARTANI.COM -  Balai penyuluhan pertanian Kecamatan Paku bersama Babinsa melaksanakan pengubinan tanaman jagung Varietas NK 212 , di lahan Poktan Maliumang Jari,  Desa Bantai Napi  Kecamatan Paku  Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah (06/11). Hasilnya mencapai 17 ton/ha.


Bintara pembina desa (Babinsa) yang berada di lokasi kegiatan mengatakan, pengubinan ini dilakukan di lahan seluas 0,18 hektar (1.800 meter) menjelang masa panen dengan luas ubinan 2,5 meter x 2,5 meter dengan sasaran meliputi jumlah batang dan jumlah tongkol.


Pengubinan dengan panjang 2,5 meter tersebut, lanjut Asbel J Serep, terdapat 4 baris/larik, sedangkan dari sisi lebar 2,5 meter terdapat 8 baris/larik dan tiap lubang tanam berisi dua batang.  Atau dalam hitungan sederhananya 4 x 8 x 2 = 64 tongkol dengan berat setelah ditimbang mencapai 5,5 kilogram. Dari hasil ubina,  hasil panen jagung diprediksikan mencapai 8.800 kilogram atau 8 ton dikurangi pematang 15 persen 1,32 ton atau 1.320 kilogram, sehingga perkiraan hasil akhir yang dicapai sebanyak 7.480 kilogram atau 17, 616 ton per hektar.

Koordinator PPL Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur Timur Asbel J serep, SP, mengatakan, pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan petugas statistik dan pertanian untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil produk pertanian seperti padi dan jagung.

“Cara atau teknik ini paling umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil panen dalam luasan satu hamparan. Melalui pengubinan ini, para petani dapat mengetahui perkiraan hasil panen dari tanaman yang dikelolanya,” ungkapnya.

“Diharapkan teknik pengubinan ini dapat menambah pengetahuan para petani untuk diterapkan setiap kali menjelang panen sehingga dapat memperkirakan sendiri hasil panen yang akan dicapainya,” imbuhnya.

Tampak hadir PPL dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Paku, diantaranya Anto, Karia, Ity, Hariani, SP dan Erwansen Damanik dan kawan kawan lain serta Ketua Poktan , sekaligus pemilik lahan yang ketempatan pengubinan.

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018