Minggu, 08 Desember 2019


PPL: Pembibitan yang Baik, Hasilkan Vanili Berkualitas dan Berharga Mahal

22 Okt 2019, 17:02 WIBEditor : Ahmad Soim

Pembibitan Vanili | Sumber Foto:Kontributor

TABLOIDSINARTANI.COM - Budidaya tanaman vanili mempunyai prospek yang sangat cerah, apabila dibudidayakan dengan tepat dengan hasil tanaman yang berkualitas sehingga bernilai jual yang tinggi.

 

Harga vanili basah berkisar antar Rp500.000 – Rp875.000 per kilogram sedangkan vanili kering tembus angka Rp6.000.000 per kilongram. Untuk mendapatkan buah vanili yang berkualitas dengan harga yang tinggi, perlu  proses pembibitan, penanaman, pemeliharaan dan pemanenan yang benar agar dapat menjaga kuliatas vanili yang dihasilkan.

 

Kelompok Sari Pertiwi dan Sari Alam yang berada di Desa Dangintukadaya sudah menanam  vanili sejak 2016. Jumlah anggota kelompok masing-masing 20 orang.

 

 Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Balai Banjar Munduk Kemoning Desa Dangintukadaya, Jembrana tanggal  19 Oktober 2019 dengan mengundang PPVI (Perkumpulan Petani Vanili Indonesia ) dan Koordinator PPL Kabupaten sebagai pemateri.

 

Kepala Desa Dangintukadaya I Gusti Putu Murdi dalam sambutannya dalam pelatihan ini menyampaikan “ Desa siap membantu menumbuhkan minat kelompok Tani salah satunya kelompok tani vanili dengan diadakannya pelatihan-pelatihan sehingga nantinya akan menjadi contoh bagi petani lainnya dan termotifasi untuk mengembangkan vanili. Beliau juga mengkonsepkan Desa Dangintukadaya menjadi Desa Vanili  dengan kualitas yang tinggi dan memiliki ciri khas Kabupaten Jembrana. Diharapkan dengan pelatihan ini petani mampu membudidayakan vanili dengan benar dan berkelanjutan”.

 

Koordinator PPL Kabupaten juga meyampaikan “ bahwa agar kelompok Sari Pertiwi dan Sari Alam menjaga dinamika kelompok agar kelompok tetap aktif dan dapat memberikan contoh bagi petani laninya sehingga dapat meningkatnya produksi vanili di Kabupaten Jembrana”.

 

PPVI sebagai pemateri yang diundang langsung dari Bondowoso oleh Desa Dangintukadaya memberikan pelatihan mulai dari cara pembibitan yang benar, penanaman, pemeliharaan serta media tanam yang sesuai dengan tanaman vanili. Pelatihan dilakukan langsung dilahan milik petani agar lebih dapat menerapkannya secara langsung. Mereka juga memberikan saran-saran kepada petani mengenai lahan vanili yang sudah ada sehingga dapat dilakukan perbaikan pembudidayaan. 

             

 

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018