Thursday, 17 June 2021


Petani Binaan BPP Tellu Limpoe Bone Dilatih Pasca Panen Kopi

04 Jun 2021, 19:41 WIBEditor : Ahmad Soim

Petani kopi | Sumber Foto:dok Sinar Tani

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bone -- BBPP Batangkaluku menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik Pasca Panen Kopi bagi Non Aparatur pada tanggal 3-5 Juni 2021 dan diikuti oleh 30 petani binaan BPP Tellu Limpoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

 Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone memaparkan bahwa luas kebun di wilayahnya saat ini mencapai 40.000 hektar dan komoditi terluas kakao yaitu 18.000 hektar dan beberapa sisannya berkecimpung pada komoditi perkebunan lainnya yaitu Kopi.

Dalam arahannya, mewakili warga  khususnya Petani dan Kelompok Tani Tellu Limpoe sangat berterima kasih kepada BBPP Batangkaluku karena telah mengadakan pelatihan di daerah ini."Sejujurnya lokasi ini sulit terjangkau dan masih sangat jarang tersentuh pelatihan," ungkap Hasanuddin.

BACA JUGA:

 

Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku menambahkan bahwa pelatihan ini dilaksanakan menggunakan ABT (Anggaran Belanja Tambahan) dalam rangka pelaksanaan PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional). Oleh karena itu para peserta tetap serius dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini hingga akhir. "Saat ini teknologi sudah sangat maju, inilah yang mendukung peningkatan produksi dan penghasilan jangan mau tertinggal," pesan Sabir.

Menurutnya pertanian saat ini adalah bisnis tidak seperti orang tua kita yang dulu bertani karena terpaksa untuk menghidupi keluarga dan hanya memiliki keterampilan bertani. Saat ini pertanian harus modern biar tidak lagi di anggap pekerjaan kotor seperti dulu, maka dari itu pelatihan seperti ini di laksanakan untuk memajukan pengetahuan dan keterampilan petani kita terutama pada generasi milenial.

Salah satu peserta mengungkapkan kendala Petani kopi di Tellu Limpoe saat ini yaitu karena wilayahnya berbatasan dengan hutan lindung. Permasalahan lainnya yaitu bantuan bibit, karena masa sekarang ini bibit harus lolos sertifikasi dan berlabel sebelum disalurkan ke petani kopi.

-----

 Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

 

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018