Tuesday, 17 May 2022


UKM LDK Al-Falah Polbangtan Gowa Bekali Mahasiswa Lewat Seminar Kewirausahaan

26 Jan 2022, 14:23 WIBEditor : Herman

UKM LDK Al-Falah Polbangtan Gowa adakah seminar Kewirausahan

TABLOIDSINARTANI.COM, Gowa – Berbagai kegiatan dilakukan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa dalam melahirkan petani milenial berkualitas. Salah satunya yang dilakukan UKM LDK Al-Falah Polbangtan Gowa yang mengadakan seminar kewirausahaan untuk menjadi bekal mahasiswa dalam memahami kewirausahaan menurut prospektif syariah Islam.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Falah Polbangtan  Gowa menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan pada Minggu, (23/01). Kegiatan ini dilaksanakan di Mesjid Kampus Polbangtan Gowa dan dihadiri oleh sejumlah mahasiswa TK I dan TK II Jurusan Pertanian. 

Seminar tersebut menghadirkan pembicara  H. Islahuddin Ramadhan Mubarak, LC., M.H dari Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Makassar dan Ariesman m, S.TP., M.Si dari Wahdah Islamiyah Sulsel. 

Seminar yang mengangkat Tema bagaimana bermuamalah dalam islam ini bertujuan memahamkan para mahasiswa tentang bagaimana menjadi wirausahawan dan agropreneur muda bidang pertanian dalam perspektif syariah islam. 

Direktur Polbangtan Gowa, Syaifuddin dalam sebuah kesempatan menyampaikan bahwa salah satu output yang diharapkan dari pendidikan vokasi Polbangtan Gowa adalah menciptakan Job Seeker dan Job Creator dalam bidang pertanian. 

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang besar, peluang usaha di bidang pertanian sangatlah menjanjikan. Namun potensi pasar ini belum banyak dimanfaatkan para petani Indonesia. Salah satu penyebabnya Indonesia masih sangat kekurangan pengusaha, terutama pengusaha muda. 

Untuk membentuk pengusaha muda bidang pertanian Kementerian Pertanian telah banyak membuat program yang bersifat bertahap, bertingkat dan berlanjut berupa Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kewirausahaan bagi para petani milenial. 

Sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial yang menggunakan kreativitas dan inovasinya sehingga pertanian menjadi modern yang tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya tetapi juga berorientasi ekspor.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018