Wednesday, 17 August 2022


SMKN H. Moenadi, Pencetak Insan Pertanian Handal Jawa Tengah

24 Jun 2022, 15:56 WIBEditor : Herman

SMKN H. Moenadi | Sumber Foto:Djoko W

TABLOIDSINARTANI.COM, Ungaran --- SMKN H. Moenadi yang berdiri megah di komplek pertanian Tarubudaya, Ungaran mempunyai sejarah panjang dalam mencetak insan pertanian Jawa Tengah. Dijuluki sebagai sekolah legendaris dikalangan petugas pertanian, lulusanya telah tersebar keseluruh Kabupaten di Jawa Tengah.

SMKN H. Moenadi telah melahirkan banyak insan pertanian yang kini mengabdi untuk membangun pertanian Jawa Tengah.  Baik sebagai Penyuluh Pertanian Lapangan, Mantri Tani Kecamatan, Petugas Dinas Pertanian Kabupaten atau Provinsi, petugas perkebunan BUMN maupun swasta, hingga petani sukses.

Mei 1967 SMKN H. Moenadi didirikan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dengan memanfaatkan gedung-gedung Training Center yang berada ditengah Kebun Bibit Induk Buah-buahan seluas 25 Ha. Nama pertama yang disandang adalah : Sekolah Pertanian Menengah Atas Daerah Provinsi Jawa Tengah atau sering disingkat SPMAD Jateng.

Saat itu, SMKN H. Moenadi didirikan untuk mencetak kader-kader Modernisasi Desa, program yang digaungkan Mayor Jenderal (Purn.) H. M. Moenadi, Gubernur Jawa Tengah periode 1966 hingga 1974.

Kepala sekolah pertama yang ditunjuk pemerintah adalah Ir. Hirsam Ridwan, seorang karyawan Dinas Pertanian Rakyat Provinsi Jawa Tengah. Demikian pula guru-guru yang mengajar, sebagian besar dari para Kepala Bagian atau Kepala Seksi di Diperta Jateng dan sebagian dibantu guru-guru dari SMA Negeri Ungaran, yang juga baru berdiri.

Dalam rentang waktu lima puluh tahun lebih, sekolah ini telah menjelma menjadi“ Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) H. Moenad”,dan secara kelembagaan beralih dari Dinas Pertanian ke Dinas Pendidikan.

Seperti sekolah-sekolah tingkat SLTA negeri lain di Jawa Tengah, saat ini SMKN H. Moenadi juga sedang sibuk menerima murid baru, dengan menggunakan sistem aplikasi PPDB. (Penerimaan Peserta Didik Baru), yang digunakan oleh masyarakat dan calon siswa untuk mendapatkan informasi terkait pelaksanaan PPDB Online dalam suatu wilayah, termasuk memantau hasil seleksi.

Agenda PPDB di SMKN H. Moenadi juga mengikuti jadwal yang telah ditetapkan pemerintah daerah Jateng. Yaitu tanggal 15 sampai 28 Juni 2022 adalah jadwal pendaftaran akun, dimana calon siswa datang kesekolah untuk pengajuan akun, verifikasi berkas dan aktifasi akun.

Tanggal 29 Juni sampai tanggal 1 Juli 2022 pendaftaran siswa-siswi baru secara online. Tanggal 4 Juli 2022 Pengumuman penerimaan siswa-siswi baru, paling lambat pukul 23.59 WIB

Konsentrasi keahlian yang ditawarkan juga sudah berkembang. Yang awalnya hanya satu, yaitu pertanian umum lebih kebudidaya pertanian pangan. Sekarang SMKN H. Moenadi memiliki tiga konsentrasi yaitu Agribisnis Tanaman Pangan Hortikultura (ATPH), Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

SMKN H. Moenadi  telah terakreditasi “A” peringkat unggul, sudah mendapat ISO 9001, 2015 dan juga sebagai tempat Uji Kompetensi (TUK). Yang menggawangi sebagai kepala sekolah saat ini adalah Imro’atul Azizah, Spd, M Si dibantu para pengajardanstaf yang sebagianbesaradalahtenagatetap SMKN H. Moenadi.

Berbagai fasilitas untuk menunjang kelancaran belajar mengajar telah dimiliki sekolah yang beralamatkan Jl. DI. Panjaitannomor 09, Komplek Pertanian Tarubudaya, Ungaran. Misalnya gedung sekolah yang representatif, yang menyediakan ruang kelas, ruang praktikum, kantor sekolah, ruang guru.

Sarana pendidikan berupa lab fisika, lab kimia, lab biologi, lab pasca panen, lab komputer, lab bahasa, lab multi media, bengkel alsin, lapangan olahraga, rumah produksi, green house, perpustakaan, ruang teater dan sebagainya.

Dengan tenaga pengajar yang professional dan fasilitas yang cukup lengkap sekolah ini mempunyai misi menghasilkan tenaga yang cakap, professional dalam pembangunan pertanian. Memenuhi kebutuhan tenaga yang trampil, kreatif, inovatif, peka terhadap perkembangan teknologi, Dan diatas semuanya,  lulusan sekolah ini mempunyai budi pekerti luhur, serta cinta NKRI.

Diungkapkan salah seorang karyawan SMKN H. Moenadi calon siswa yang telah mengambil akun sudah mendekati angka 300 orang. Bagi keluarga besar para alumni serta masyarakat luas diharapkan dapat mendaftarkan sanak saudara untuk dididik di lembaga pendidikan ‘kawah candradimukanya pertanian modern ini. Agar kedepan, sebagai Negara agraris besar, kita tidak kalah pamor dengan negara-negara tetangga. 

Reporter : Djoko W
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018