Sabtu, 01 Oktober 2022


Tingkatkan Pengetahuan Petani Milenial, Kabupaten Maros Selenggarakan Pelatihan Kewirausahaan

22 Sep 2022, 09:21 WIBEditor : Herman

Pelatihan Kewirausahaan Petani Milenial Program YESS di Kabupaten Maros

TABLOIDSINARTANI.COM, Maros --- BPP Lau, Kabupaten Maros menjadi tempat pelatihan Start Up Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS). Kegiatan yang diikuti 25 peserta calon penerima manfaat (CPM), diisi oleh praktisi bisnis Ali Anwar sebagai pemateri.

Direktur Polbangtan Gowa, Syaifuddin yang turut hadir sekaligus membuka Pelatihan Program YESS , berharap banyak kepada CPM untuk mengikuti pelatihan ini dengan baik.

Syaifuddin mengatakan bahwa dengan adanya Program YESS memiliki banyak manfaat untuk kaum milenial, salah satunya memberikan dukungan untuk menjadi wirausaha muda di sektor pertanian serta regenerasi petani.

“Program YESS ini merupakan kegiatan pertama di dunia yang akan dijadikan role model program yang menghubungkan antara pemuda(i)/anak muda dengan bidang pertanian. Kegiatan ini harus diperbanyak karena jumlah petani 10 tahun ini berkurang sebanyak 5jt orang. Sehingga diantisipasi dengan cara merekrut petani milenial sebanyak 2,5jt orang melalui Program YESS,” ujarnya.

Selain itu, Syarifuddin mengatakan bahwa Program YESS ini untuk menghasilkan wirausaha muda di bidang pertanian ataupun bekerja di sektor usaha pertanian (Job Creator) bidang pertanian.

Dalam pelatihan tersebut Ali Anwar membawakan materi mengenai Business Model Canvas (BMC). Business Model Canvas (BMC) merupakan kerangka manajemen untuk mempermudah dalam melihat gambaran ide bisnis dan juga realisasinya secara cepat yang terdiri dari 9 elemen.

Yang meliputi segmentasi konsumen, proposisi nilai konsumen, saluran, sumber pendapatan, sumber daya, hubungan konsumen, aktivitas yang dijalankan, kerja sama, dan struktur biaya.

Ali Anwar mengatakan bahwa 9 elemen ini sangat penting untuk calon pengusaha muda/calon petani milenial nantinya yang akan merancang model bisnisnya, karena 9 elemen ini saling berkaitan satu sama lain. 

Reporter : Suriady
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018