Tuesday, 07 July 2020


Siswa Siswi SMK Paku Semangat Ikuti UKK Pertanian

03 Apr 2019, 19:38 WIBEditor : Gesha

Koordinator penyuluh dari Barito Timur menguji salah satu peserta UKK SMK Paku | Sumber Foto:HUMAS BPPSDMP

Adapun materi yang diujikan diantaranya meliputi bidang agribisnis, tanaman pangan, hortikultura dan alat mesin pertanian (alsintan). Untuk materi komoditas tanaman pangan diantaranya adalah mengenai kedelai, jagung dan kacang panjang. Sedangkan untu

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Barito Timur --- Sejak akhir Maret hingga minggu awal April, siswa siswi Kelas XII memang tengah mengikuti Ujian Nasional dan Ujian Praktek. Begitupula dengan siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Paku Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah yang tengah mengikuti Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) bidang Pertanian dan menjadi standar kompetensi lulusan.

UKK dilakukan selama 2 jam berturut-turut dengan menggunakan metode penilaian berbasis kompetensi sesuai dengan kurikulum SMK yang telah diterapkan selama ini. UKK juga diharapkan dapat mengukur dan menilai performansi dari para siswa dan siswi SMK Paku tersebut, terutama dari aspek Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap (PKS).

Menariknya, penguji UKK tersebut berasal dari dalam (internal) dan luar SMK Paku (eksternal). Penguji internal adalah guru produktif yang relevan dengan pengalaman mengajar minimal 5 tahun dan memiliki pengalaman kerja/ magang di dunia usaha/ industri.

Sedangkankan penguji eksternal berasal dari dunia usaha/industri/asosiasi profesi/institusi pasangan yang memiliki latar belakang pendidikan dan / atau pengalaman kerja yang relevan dengan kompetensi keahlian yang akan diujikan.

Tak hanya itu,penguji harus memiliki sertifikat kompetensi atau surat keterangan dari dunia usaha atau institusi /dinas terkait  di kabupaten setempat. Untuk tahun ini yang bertugas menjadi penguji eksternal adalah Penyuluh Pertanian yang bertugas di Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur serta perwakilan dari perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Barito Timur.

Para siswa dan siswi SMK Paku sangat antusias dan semangat mengikuti UKK tersebut. Adapun materi yang diujikan diantaranya meliputi bidang agribisnis, tanaman pangan, hortikultura dan alat mesin pertanian (alsintan). Untuk materi komoditas tanaman pangan diantaranya adalah mengenai kedelai, jagung dan kacang panjang. Sedangkan untuk alsintan peserta UKK diwajibkan harus mampu mengoperasikannya.

Salah satu penguji pada UKK tersebut adalah Koordinator Penyuluh Barito Timur, Lukmanul Chakim menuturkan dengan adanya kegiatan uji kompetensi ini diharapkan dapat meningkatkan minat generasi millenial yang mampu menerapkan ilmu serta pengetahuannya dibidang pertanian.

UKK dapat  menjadi salah satu faktor pendukung lahirnya generasi millenial yang memiliki kompetensi  tinggi."Didukung generasi millenial yang tangguh, kami yakin Indonesia mampu menjadilumbung pangan dunia 2045," ungkap Lukman optimis.

 

Reporter : Nur Fajar
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018