Sabtu, 24 Agustus 2019


Mahasiswa UMMI Didampingi BPP untuk Masyarakat Sukabumi

05 Apr 2019, 08:18 WIBEditor : Gesha

Agar masyarakat merasakan dampak pertanian, UMMI bekerjasama dengan BPP Kebon pedes untuk mendampingi masyarakat | Sumber Foto:LELY

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Sukabumi --- Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) bekerja sama dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kebonpedes untuk praktek kerja lapang (PKL) mahasiswa untuk masyarakat.

"Mulai dari semester ganjil tahun akademik 2018/2019 hingga seterusnya kerjasama ini dilakukan. Jika diperlukan sesuai kesepakatan 2 belah pihak maka kerjasama ini akan terus dilanjutkan," tutur penyuluh yang mendampingi praktek kerja mahasiswa UMMI, Eni Suliawati.

Eni menambahkan bahwa kerjasama ini sudah dilakukan selama 4 tahun terakhir. Antara lain Perlindungan Tanaman, Agripreneur, Teknologi panen, pascapanen, dan pengolahan hasil pertanian, Manajemen Agribisnis, Metode pemberdayaan masyarakat, dan Sport dan Art Agribisnis (EO).

Mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UMMI tersebut melaksanakan kegiatan praktikum dan kuliah lapang dari beberapa mata kuliah yang telah didapatkan ditambah dengan pendampingan dari BPP. 

Pendampingan tersebut untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswanya dalam penerapan ilmu teoritis yang telah mereka dapatkan di bangku kuliah.

Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa semata, kerjasama di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat pun dilakukan. 

Mereka memotivasi dan membantu kelompok tani untuk meningkatkan pendapatannya dengan melakukan inovasi dalam berbudidaya, meningkatkan nilai tambah produk pertanian melalui produk olahan.

Mahasiswa pun menumbuh kembangkan minat generasi muda lainnya pada bidang pertanian melalui kegiatan Agroeduwisata Refu- Omon( Refugia dan Feromon Sex) ' Panonpoe Sasagaran' yang akan mberikan pembelajaran kepada generasi muda mulai dari tingkat PAUD hingga SMA/SMK mengenai Sistem Pengendalian OPT secara Hayati , Budidaya padi Hulu hingga hilir, sambil berwisata edukasi. 

"Semoga kerjasama ini dapat berkelanjutan dan memberikan kebaikan kepada berbagai pihak. Melalui tangan-tangan kreatif dan terampil dari generasi millenial,kami yakin pertanian di Indonesia mampu terus berkembang", ungkap Eni optimis.

Reporter : Lely
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018