Jumat, 19 April 2024


Masuki Era Revolusi 4.0 Pusdiktan luncurkan SIPADOS

27 Mei 2019, 14:45 WIBEditor : Gesha

Penerapan sistem aplikasi penilaian dan penetapan angka secara online, berguna sebagai media dalam pengawasan dan pengendalian administrasi para fungsional tidak terkecuali dosen. | Sumber Foto:PUSDIKTAN

Penerapan sistem aplikasi penilaian dan penetapan angka secara online, berguna sebagai media dalam pengawasan dan pengendalian administrasi para fungsional tidak terkecuali dosen.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Peningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelayanan kepada masyarakat terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), khususnya  peningkatan karir dan jabatan Dosen melalui pengajuan angka kredit secara Online.

Mendukung dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas organisasi, Pusat Pendidikan Pertanian (PUSDIKTAN), BPPSDMP bekerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) VI Semarang menyelenggarakan Bimbingan teknis dan penilaian angka kredit (PAK) secara online pada tanggal 23-25 Mei 2019 di Arch Hotel, Bogor. 

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti menuturkan adanya era revolusi 4.0 menuntut adanya peningkatan kualitas SDM  yang bisa mengadopsi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya bidang pertanian. 

“Proses transformasi dan adopsi teknologi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, pola pikir, inovasi, serta kreatifitas dosen dalam aktivitasnya menyebarkan ilmu pengetahuan kepada peserta didik dan masyarakat sekitarnya. Salah satu bentuk nyata transformasi tersebut adalah adalah pengajuan penilaian angka kredit  melalui Aplikasi Penilaian Angka Kredit Dosen secara Online (SIPADOS)," tambahnya. 

Bimbingan teknis dan penilaian angka kredit ini dihadiri oleh 30 peserta dari perwakilan 6 Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan 3 Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri.

Selama acara berlangsung Tim dari LLDIKTI VI Semarang membimbing dan mendampingi peserta dalam mengoperasikan aplikasi PAK Online mulai dari pengajuan oleh dosen sampai dengan terbitnya PAK dan HAPAK. 

Sebagai langkah awal Tim LLDIKTI memberikan alamat laman aplikasi PAK Online yang akan di akses oleh dosen melalui http://dev8.kopertis6.or.id/dosen, kemudian dosen tersebut bisa melengkapi data, mengupload dokumen, sampai mengajukan penilaian angka kredit.

Langkah selanjutnya pimpinan Polbangtan melakukan validasi pengajuan dari dosen untuk selanjutnya dilakukan pengecekan kelengkapan dan administrasi DUPAK Online oleh admin Polbangtan. Proses penilaian dilanjutkan oleh validasi sseluruh usulan angka kredit dosen Polbangtan oleh admin Pusdiktan dan selanjutnya dinilai oleh Tim Penilai yang telah ditetapkan oleh Pusdiktan.

Penerapan sistem aplikasi penilaian dan penetapan angka secara online, berguna sebagai media dalam pengawasan dan pengendalian administrasi para fungsional tidak terkecuali dosen.  

Sistem ini juga dapat menyediakan database jabatan fungsional kepegawaian yang up to date. Dengan demikian, dapat meminimalisasi sistem birokrasi dan terciptanya peningkatan standarisasi proses penetapan angka kredit bagi para PNS. Yang tak kalah penting.

Malalui aplikasi tersebut dapat mengurangi tindakan menyimpang sehingga tata laksana pemerintahan diterapkan dengan baik (good governance dan good government).

Reporter : Lely
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018