Minggu, 20 Oktober 2019


Penilaian DUPAK Penyuluh Pertanian kini dengan Sistem Online.

22 Agu 2019, 23:41 WIBEditor : Gesha

Penilaian DUPAK Online yang dilakukan oleh tim penilai | Sumber Foto:HUMAS PUSLUHTAN

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Era Industri 4.0 Penyuluh Pertanian dituntut harus mampu menggunakan dan mengakses teknologi, sehingga menjadi Penyuluh Pertanian yang adaptif dengan teknologi Informasi dan Komunikasi, salah satunya dalam mengusulkan dan melakukan penilaian Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit (DUPAK) Penyuluh Pertanian melalui Sistem Onlne, atau yang disebut dengan Sidoluhtan.

Penyuluh Pertanian berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional pada unit organisasi lingkup penyuluhan pertanian pada instansi pemerintah, dengan tugas pokok melakukan persiapan penyuluhan pertanian, pelaksanaan penyuluhan pertanian, evaluasi dan pelaporan, serta pengembangan penyuluhan pertanian.

Permenpan 02/2008 dan peraturan perundang undangan turunan telah mengatur pelaksanaan dan teknis jabatan Penyuluh pertanian dan angka kreditnya, yaitu salah satunya mengatur tentang penilaian dan penetapan angka kredit Penyuluh Pertanian yang diperoleh dari hasil kinerja para penyuluh pertanian dalam melakukan pengawalan dan pendampingi program pembangunan pertanian.

Hasil kinerja tersebut akan di evaluasi dan dinilai dengan sistem Online sehingga memudahan para Tim Penilai dan Penyuluh Pertanian itu sendiri dalam pengusulan DUPAK. 

Sejak Kamis (22/8) hingga Sabtu (24/8) tim penilai Angka Kredit Pusat melakukan penilai DUPAK sebanyak 395 usulan DUPAK melalui Online di Bogor. Dengan adanya sistem Online dalam penilaian DUPAK diharapkan semakin cepat dan tepat waktu, sehingga pelayanan semakin baik dan meningkat. Penyuluh Pertanian termotivasi dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Reporter : Kontributor
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018