Monday, 08 August 2022


Subandi Jadikan Lahannya Tempat Pelatihan Pertanian

13 Jun 2022, 10:40 WIBEditor : Herman

Anggota DPRD Sumatra Utara Drs H Subandi Bsc di lahan miliknya di Desa Aras Kabu, Kabupaten Deli Serdang | Sumber Foto:Istansu

TABLOIDSINARTANI.COM, Deli Serdang --- Impian Anggota DPRD Sumatra Utara Drs H Subandi Bsc untuk membangun desa kelahiranya ditunjukkan dengan karya nyata. Lahan miliknya di Desa Aras Kabu, Kabupaten Deli Serdang disulap menjadi lahan produktif sekaligus tempat belajar dan praktek para petani untuk meningkatkan kemampuan mereka. .  

Lahir dan besar dikeluarga petani membuat kecintaan Anggota DPRD Sumatra Utara ini terhadap dunia pertanian tidak diragukan lagi. Didikan orang tua untuk mencintai pertanian dan kecintaan terhadap alam menjadi motivasinya dalam berkarya hingga saat ini.

Berdasar didikan orang tua yang hidup didesa bertani dengan kesederhanaan dan keindahan, kesejukan serta kedamaian, hidup bergotong-royong saling bantu membantu baik saat tanam padi, merawat serta panen padi yang semua bergiliran,terlebih bila begitu juga penggilingan padinya cukup bayar dengan tukar beras hasil gilingnya. Beras yang dimasak jadi nasinya pulen harum dan wangi karena semua masih alami atau tanpa mnggunakan kimia,” Ungkap Subandi Bsc Team Tabloid Sinar Tani.

Dalam upaya menggapai cita-citanya, anggota DPRD dari fraksi Gerindra ini membuat kegiatan di sektor Pertanian (Pangan, Hortikultura, Peternakan, Perkebunan dan Perikanan) di lahan seluas 4 hektar Desa Aras Kabu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

Saat ini dilahan tersebut Subandi beternak Lebah dan sudah menghasilkan Madu yang dapat di konsumsi ditempat. Begitu juga peternakan Rakyat Sapi, Kambing, Domba dan ternak Unggas serta tanaman pangan dan Hortikultura.

Subandi yang berencana menambah lahan menjadi 10 hektar ini mengaku, menjadikan  lahannya sebagai tempat petani berkunjung dan praktek atau belajar untuk berbagi ilmu pengetahuan dibidang Agribisnis pertanian.

“Dilahan Pertanian tersebut juga akan didirikann saung atau aula/ruang belajar dan penginapan bagi petani dan masyarakat yang ingin menambah ilmu pengetahuan Agribisnis Pertanian,’ ungkapnya..

Kkeinginan Subandi membuat tempat pembelajaran bagi petani di Desanya  mendapatkan sambutan baik dari Dinas Pertanian Deli Serdang. Melalui Kepala Bidang Penyuluhan Marakayo Lubis SP yang dihubungi Tabloid Sinar Tani menyampaikan sangat mendukung sepenuhnya apa yang dilakukan untuk kepentingan kemajuan masyarakat khususnya Pertanian.

Namun terkait pendirian P4S, Marakayo Lubis mengatakan pihaknya akan berkordinasi dengan Pihak Balai Besar BPP Jambi sebagai perpanjangan tangan Badan Sumber Daya Pertanian Kementerian Pertanian Pusat.Dalam menangani SDM Penyuluh Pertanian,

Saat ini di Kecamatan Beringin ada P4S yang telah berdiri, sehingga ada deregulasi yang harus dilaksanakan,” ujarnya.

Seperti diketahui bahwa Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) adalah lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya, baik perorangan maupun berkelompok dan diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia

“Kiranya P4S yang nantinya berdiri dapat dimanfaatkan masyarakat Pertanian dan Dinas Pertanian Deli Serdang bila ingin membuat pelatihan bagi petani,” pungkas Subandi. 

Reporter : Istansu
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018