Kamis, 18 Juli 2024


Bisnis Cuci Sepatu Ghazaly

26 Jun 2024, 13:01 WIBEditor : Yulianto

Ghazaly Imam Negoro | Sumber Foto:Alumniipbpedia.com

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor--Tekad berwirausaha sudah ada sejak masih duduk di bangku kuliah. Tekad tersebut akhirnya benar-benar diwujudkan Ghazaly Imam Negoro, alumni Fakultas Ekonomi dan Manajemen, program studi Ekonomi Syariah angkatan 51 (tahun 2014), IPB University.

Ia telah membuktikan bahwa kesuksesan adalah perjalanan yang penuh tantangan dan peluang. Pria kelahiran 27 Februari 1997 di Bogor ini mengawali karir bisnisnya dengan mendirikan Konveksiana.id (CV GYZS Indonesia).

Sebagai Founder & CEO, ia berhasil mengembangkan bisnis konveksi ini hingga meraih penghargaan Hibah Wirausaha Muda Pemula (WMP) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Ghazaly juga berhasil meraih sejumlah penghargaan seperti Pemuda Inspiratif ke-2 di Bogor dan Mahasiswa Wirausaha Terbaik IPB, serta menjadi Finalis Wirausaha Muda Mandiri dari Bank Mandiri pada tahun 2018.

Prestasi ini kian memotivasi Ghazaly terus mengembangkan bisnisnya dan menerima Hibah KBMI dari Kemenristek-Dikti serta Hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dari IPB University.

Pada tahun 2022, Ghazaly memperluas bidang usahanya dengan mendirikan PT Kilau Baru Indonesia, yang bergerak di bidang jasa cuci sepatu, tas, dan helm. Dengan penerapan teknologi di era digital, bisnis ini terus berkembang. Cabang pertama didirikan di depan kampus IPB, berkat dukungan program Mentoring Leader dari Himpunan Alumni (HA) IPB.

Berkat inspirasi oleh istri tercinta, Ghazaly memperkenalkan nama usaha cuci sepatunya bernama 'Shiny Shoes' pada Juli 2022 di Dramaga, Bogor. Bisnis ini dimulai dengan toko kecil namun dengan perencanaan yang matang. Lokasi strategis di sekitar kampus IPB menarik banyak pelanggan, terutama mahasiswa.

Kesuksesan cabang pertama diikuti dengan pembukaan cabang kedua di Laladon. Peningkatan jumlah pelanggan membawa tantangan baru bagi Ghazaly, terutama dalam pencatatan transaksi. Dengan semakin banyaknya pelanggan yang menggunakan transaksi digital, Ghazaly memilih DANA Bisnis sebagai platform untuk mempermudah operasional bisnisnya.

Digitalisasi ini diakui Ghazaly sebagai langkah tepat untuk mempercepat pertumbuhan bisnis UMKM seperti miliknya. Ghazaly menjadi contoh nyata seorang pengusaha muda yang berhasil meraih prestasi di usia muda. Ia juga mampu menghadapi tantangan dan berinovasi dalam dunia bisnis.

Dengan penuh semangat dan motivasi, Ghazaly terus berusaha memberikan yang terbaik bagi usahanya dan menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama para alumni IPB University. 

Reporter : Julian
Sumber : alumniipbpedia.com
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018