Kamis, 18 Juli 2024


Skin Care Ramah Lingkungan Persembahan Ruri

09 Jul 2024, 12:04 WIBEditor : Yulianto

Ruri membangun bisnis skincare ramah lingkungan | Sumber Foto:HA IPB

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor---Di era modern ini kesadaran akan kesehatan dan kecantikan semakin meningkat. Banyak orang yang mencari produk-produk alami dan aman untuk menjaga kesehatan kulit.  Dengan latar belakang tersebut, Ruri Prihatini Arimbi mendirikan perusahaan skincare, PT Nectars Natura Karya yang diklaim ramah lingkungan.

Menempuh pendidikan di IPB jurusan Biologi Tahun 2006 di IPB University, kecintaan Ruri terhadap alam dan keinginannya untuk melestarikan sumber daya alam membawanya terinspirasi membangun usaha skin care. Potensi besar bahan-bahan alami Indonesia yang dapat diolah menjadi produk kecantikan yang aman efektif dan ramah lingkungan.

“Awalnya karena saya sangat tertarik untuk memperdalam keilmuan saya mengenai pertanian, terutama pertanian organik dan saya rasa IPB merupakan salah satu tempat terbaik di negeri ini untuk saya menimba dan memperdalam ilmu, juga untuk menggapai cita-cita saya bekerja di bidang pertanian berbasis organik,” tutur Ruri.

Terinspirasi oleh idealismenya Ruri dan suaminya memulai usaha dengan bertani sayuran hijau dataran rendah secara organik di lahan seluas 1 hektar (ha) di Bogor. Namun Ruri tidak hanya ingin menghasilkan produk organik yang berkualitas, tetap ia ingin memberdayakan petani di sekitarnya.

Ia pun mengajak petani bermitra dan melatih untuk bertani organik. Bagi Ruri kesejahteraan petani adalah kunci dari keberhasilan usahanya. Bahkan ia berani memberikan gaji yang lebih tinggi kepada petani mitranya dan mendorong untuk menjadi pengusaha mandiri. “Tahun 2018 saya terinspirasi untuk membuat usaha di bidang hilirisasi hasil pertanian berupa personal Health Care atau skin care berbasis natural dan organik,” tambahnya.

Bagi Ruri ketika menjadi wirausaha banyak hal yang ia dapatkan. Pertama, dirinya bisa berdaulat untuk manajemen waktu. Apalagi dirinya adalah seorang ibu rumah tangga, sehingga bisa bekerja sambil mengasuh dan mengurus keluarga. “Saya lebih ingin berdampak bagi masyarakat dan syukur-syukur juga bagi keberlangsungan lingkungan hidup,” katanya.

Berawal dari Bertani Organik

Berawal dari usaha  bertani organik, Ruri kemudian mendirikan PT. Nectars Natura Karya bersama sahabatnya. Perusahaan tersebut fokus pada pengembangan produk skin care alami dan organik yang terbuat dari bahan-bahan lokal. Perusahaannya tidak hanya menghasilkan produk yang aman dan efektif, tetapi juga berkomitmen melestarikan keanekaragaman hayati dan kearifan lokal.

Saat ini Nectar Natura Karya memiliki sekitar 50 varian produk untuk perawatan kesehatan kulit wajah, rambut badan dan ujung kaki. Bahkan kini produknya telah mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak, bahkan telah menembus pasar luar negeri.

“Mengapa saya memilih untuk berkarya di bidang skin care natural dan organik? Karena itu merupakan bentuk ekspresi atau perlawanan saya tentang industri kosmetik atau kecantikan yang ada di negeri kita,” tuturnya.

Ia menilai, produk skin care yang selama ini banyak digunakan masyarakat banyak mengandung kimiawi sintetik keras yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit dan tubuh. Bahkan dalam jangka panjang menyebabkan penyakit kronis.

“Saya pun mengkreasikan skin care berupa perawatan kesehatan kulit dan dan tubuh yang dalam jangka panjang yang dapat digunakan siapa saja baik anak kecil hingga dewasa, karena berbasis natural organik dari bahan baku tumbuhan biodiversitas lokal negeri kita,”  ungkapnya.

Dalam membuat produk skin care, Ruri menegaskan, dirinya mengutamakan tumbuhan yang memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan memang secara turun-temurun berdasarkan data empiris atau kearifan lokal dipercaya banyak khasiatnya untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh. Karena itu produk skin care-nya 100% tanpa kimiawi sintetik keras.  “Bahan bakunya saya ambil dari petani lokal dari negeri sendiri,” katanya.

Bagi Ruri industri masa depan atau yang sangat prospektif adalah industri yang semakin dekat dengan alam atau selaras dengan alam. Baca halaman selanjutnya.

 

Reporter : Julian
Sumber : HA IPB
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018