Rabu, 12 Desember 2018


Ahmad Budiono, IB Gratis Hasilkan Sapi Berbobot Ekstrim

04 Des 2018, 12:09 WIBEditor : Ira

Ahmad Budiono, Upsus Siwab membawa berkah.

Kehadiran Program Upsus Siwab dirasakan membawa berkah bagi sebagian peternak di tanah air, setidaknya bagi Ahmad Budiono. Terpilih sebagai peternak binaan Upsus Siwab, pria asal Kabupaten Situbondo ini mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur karena dinilai terbaik dalam menghasilkan pedet melalui aplikasi teknologi inseminasi buatan (IB).

“Saya bersyukur bisa meraih juara satu penghasil pedet terkait pelaksanaan program Upsus Siwab tingkat Provinsi Jawa Timur. Penghargaan ini makin memotivasi saya untuk lebih menekuni usaha beternak sapi,” kata Ahmad Budiono usai menerima piagam penghargaan, di sela acara kontes ternak dan panen pedet di Sidoarjo, beberapa waktu lalu.

Mempelajari ilmu membudidayakan sapi langsung dari sang ayah, Budiono mengaku awalnya kurang memahami apa itu program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang digagas pemerintah.

“Saya hanya tahu dengan menjadi peternak binaan Upsus Siwab kami mendapat pelayanan IB gratis dan sapi kami terus dipantau. Baru belakangan saya tahu kalau ada penilaian khusus oleh aparat dinas peternakan,” ujarnya.

Setelah satu indukan sapinya mendapat layanan IB dan dinyatakan bunting, menurut Budiono, pihaknya ekstra ketat menjaga kesehatan sang indukan sambil memberikan pakan terbaik dengan harapan bisa dilahirkan anakan sapi (pedet) yang sehat pula.

“Harapan saya terkabul, pada akhirnya pedet dilahirkan dengan selamat dengan bobot 50 kg. Tapi siapa sangka pedet saya yang baru dilahirkan itu pertambahan bobot hariannya tinggi dan di usia enam bulan berat badannya sudah mencapai 237 kg,” jelas ayah satu anak itu.

BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018