Sabtu, 17 Agustus 2019


365 Artikel Populer Sjamsoeoed Sadjad Sejak 1964 tentang Benih Dijadikan E-book IPB

24 Jun 2019, 17:37 WIBEditor : Ahmad Soim

IPB Launching E Book 365 Artikel Sjamsoe oed Sadjad yang dimuat di media masa sejak tahun 1964 sampai 2019 tentang benih dan pertanian | Sumber Foto:Ahmad Soim

“Hasil pemikiran berupa artikel tersebut telah diterbitkan oleh Harian Kompas, Tabloid Sinar Tani, Gema Islam, Media Indonesia, The Jakarta Post , Prisma, Gelora, Warta Pertanian, Agrivisi, Selentiae, Opini dan Intisari,” terangnya.

TABLOIDSINARTANI.COM - Sebanyak 365 artikel ilmiah popular yang ditulis oleh Guru Besar Emiritus Sjamsoe’oed Sadjad sejak tahun 1964-2019 tentang benih, pertanian dan kehidupan dijadikan buku digital (e-book). Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB meluncurkan e-book  yang diberi judul “Benih, Pertanian dan Kehidupan: Olah Pikir Sjamsoe’oed Sadjad bertepatan dengan HUTnya yang  ke-88 (24/6).

Download E-Book Benih, Pertanian dan Kehidupan: Olah Pikir Sjamsoe'oed Sadjad

Saat mengantar lounching e-booknya, Sjamsoe’oed Sadjad mengatakan bahwa dokumentasi tulisannya selama 55 tahun itu adalah karena kecintaannya pada almamaternya. “Saya tidak menyangka, cinta saya pada almamater dapat imbalan yang sangat mengharukan, yang sulit saya susun jadi kalimat. Doa bagi saya, akan saya bawa sebagai kenangan dan semoga semuanya saya abdikan bagi almamater,” katanya.  

Prof. Dr Ir Sjamsoe’oed Sadjad adalah Guru Besar Emiritus di Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian, IPB selain sebagai dosen yang sangat loyal pada pengembangan ilmu dan teknologi benih, kata Kepala Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB Dr Sugiyanta  juga sangat produktif dalam menulis buku maupun artikel yang diterbikan di media massa nasional.

“Hasil pemikiran berupa  artikel tersebut telah diterbitkan oleh Harian Kompas, Tabloid Sinar Tani, Gema Islam, Media Indonesia, The Jakarta Post , Prisma, Gelora, Warta Pertanian, Agrivisi, Selentiae, Opini dan Intisari,” terangnya.

Sejak tahun 1964 sampai dengan 2019, Prof.Dr Ir Sjamsoe’oed Sadjad  telah menulis 356 artikel pada beberapa media massa. 

Artikel-artikelnya bertemakan : Perbenihan dan Ilmu Pengetahuan, Petani dan Pertanian, Pengembangan Pedasaan, Pengembangan SDM, Pangan dan Gizi, Sosial Budaya dan Lingkungan Hidup.

 Seluruh artikel cetakan asli disimpan di Sajogyo Institute di Jl. Malabar No.22  Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Bogor 16129.

“Untuk dapat diwariskan dan mudah diakses oleh generasi mendatang Prof.Dr Ir Sjamsoe’oed Sadjad  mengemas  artikel-artikel tersebut dalam bentuk  buku digital dengan judul “ Benih, Pertanian dan Kehidupan: Olah Pikir Sjamsoe’oed Sadjad”.

 Hadir dalam peluncuran e-book ini antara lain Wakil Rektor IPB Agus Purwito, Dekan Fakultas Pertanian IPB Suwardi, dosen, mahasiswa dan birokrat dari Ditjen Hortikultura Kementan.

Pemimpin Redaksi Tabloid Sinar Tani Ahmad Soim saat diminta memberikan kesan dan pesan atas e-book ini mengatakan sebagai seorang penulis Sjamsoe’oed Sadjad adalah luar biasa dan sangat langka. Ilmuan yang hidup pada tiga zaman ini: zaman Belanda, Jepang dan Zaman merdeka, dengan kerja keras olah pikirnya bisa merangkai kalimat sederhana yang mudah dipahami dan membumi.

“Prof Sjamsoe’oed Sadjad adalah ilmuan yang peduli pada benih, petani, pertanian dan kehidupan. Kepeduliannya itu dituliskan dan disebarkan kepada media masa, meski zaman terus berubah. Beliau menulis teknologi dan rekayasa social dengan budaya ketimuran. Beliau sadar ada perubahan teknologi informasi, tetapi tetap terus menulis dan kemudian dikumpulkan dalam e-book. Artikel artikelnya akan sangat bermanfaat bagi generasi mendatang dan abadi. Beliau mengatakan jangan sampai kita jadi keledai (“ezelbruggetje – bhs Belanda) seperti yang ditulisnya di Tabloid Sinar Tani dengan judul Evolusi Keterampilan: Dari Tangan ke Pendengaran,” tambah Ahmad Soim.

Amir Mahmud dari Sayogyo Institute mengatakan selain penulis, Prof Sjamsoe’oed Sadjad adalah seorang documenter yang hebat. “Bisa mendokumentasikan seluruh artikelnya yang dimuat media masa sejak tahun 1964 -2019 atau selama 55 tahun,” tambahnya.

 

 

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018