Jumat, 23 Februari 2024


Rumah Aspirasi Berjuang Kota Bogor, Kolaborasi Nyata untuk Kedaulatan Pangan

03 Okt 2021, 10:31 WIBEditor : Gesha

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Gerindra Dapil Jabar III Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Dr. Ir. Endang Setyawati Thohari Dess, M. Sc (kiri) dan Kepala DKPP, Drs. Anas Rasmana.S.M.M (kanan) | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor -- Memperkuat dan mendukung perjuangan untuk kedaulatan pangan, air dan energi, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Gerindra Dapil Jabar III Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Dr. Ir. Endang Setyawati Thohari Dess, M. Sc meresmikan Rumah Aspirasi "Berjuang" di Kota Bogor, Minggu (03/10). 

"Rumah aspirasi ini memotivasi saya untuk bisa terus memperjuangkan pertanian dan perikanan untuk kedaulatan pangan , air dan energi, " ungkapnya ketika meresmikan Rumah Aspirasi "Berjuang" yang letaknya strategis dekat jantung kawasan Bogor Agro Techno Park, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) di Kota Bogor. 

Sebagai bagian anggota Komisi IV DPR RI, dirinya berkewajiban untuk terus bermitra dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Bulog demi kepentingan masyarakat, khususnya di Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur. "Program aspirasi sudah cukup banyak tapi belum tersosialisasi semua," tuturnya. 

Endang melanjutkan, dengan adanya rumah aspirasi ini menjadi bentuk kolaborasi nyata bagi masyarakat tani untuk kedaulatan pangan, air dan energi di Kota Bogor. Karenanya, rumah aspirasi ini bisa digunakan serbaguna untuk kemaslahatan masyarakat tani di Kota Bogor. Mulai dari rembug tani, bimbingan teknis, dan lainnya. 

"Rumah aspirasi ini juga bisa dijadikan sarana promosi produk produk pertanian dari masyarakat dan bisa dikoordinir oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, " tambahnya. 

Menanggapi keberadaan rumah aspirasi di Kota Bogor, Kepala DKPP, Drs. Anas Rasmana.S.M.M mengaku menyambutnya dan akan memanfaatkan sebaik-baiknya bagi masyarakat tani Kota Bogor. 

Kiprah Endang Setyawati Thohari Dess untuk Kota Bogor juga diapresiasi. Menurut Anas, selama dua tahun kiprah anggota Komisi IV ini sudah terlihat nyata dalam membantu bidang pertanian perikanan dan ketahanan pangan.

"Tanpa rumah aspirasi saja, kiprah beliau sudah banyakerutama di program pertanian, perikanan, mulai dari bibit, bantuan modal, alsintan, UPPO dan sebagainya. Semoga dengan adanya rumah aspirasi ini bisa menjadi bagian kiprah positif bagi masyarakat tani Kota Bogor, " jelasnya. 

Wakil Walikota Bogor, Drs. H. Dedie A. Rachim juga mengapresiasi keberadaan rumah aspirasi untuk kolaborasi pertanian, perikanan dan bidang lainnya di Kota Bogor. "Semoga rumah aspirasi ini bisa digunakan berkelanjutan bagi pangan dan pertanian di Kota Bogor, " harapnya. 

Reporter : Est
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018