Monday, 06 December 2021


JPN Komda DKI Jakarta Dikukuhkan, Dinas KPKP Harapkan Lahirnya Eksportir Baru

19 Oct 2021, 12:40 WIBEditor : GESHA

Pengukuhan JPN KOMDA DKI JAKARTA | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Provinsi DKI Jakarta menjadi bagian Pengurus Jaringan Pertanian Nasional (JPN) yang dikukuhkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai pengurus Komisariat Daerah (Komda). Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Dinas KPKP) DKI Jakarta berharap JPN ini bisa melahirkan eksportir baru dari Ibukota. 

“Kami berharap adanya JPN dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, jaringan dunia usaha yang dilakukan petani millennial Provinsi DKI Jakarta terkait jenis komoditas yang berpeluang diekspor ke negara tujuan dan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Sehingga dapat meningkatkan transaksi ekspor, mendorong lahirnya eksportir baru di bidang pertanian, menambah ragam komoditas ekspor, dan meningkatkan frekuensi pengiriman melalui percepatan layanan ekspor,” kata Kepala Seksi Pertanian Perkotaan, Dinas KPKP, Taufik Yulianto.

Karenanya, Dinas KPKP mengharapkan Jaringan Pertanian Nasional (JPN) DKI Jakarta dapat membangun wadah komunikasi antara para penggiat urban farming/para petani untuk dapat menjalin interaksi, komunikasi, konsultasi, koordinasi yang lebih baik, dan saling menguntungkan antara pelaku usaha bidang pertanian di Jakarta.

Pengukuhan pengurus JPN Komda Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan di Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian,  dihadiri kurang lebih 25 orang yang diantaranya adalah Koordinator Kelompok  Pengendalian Mutu Laboratorium BBUSKP, Krisna Dwiharniati, S.Si, M.Si,  Koordinator Kelompok Pelayanan Pengujian BBUSKP, Dr. drh. Risma J.P. Silitonga, M.Si, Subkoordinator Kelompok Pelayanan Pengujian Karantina Tumbuhan BBUSKP, Dwi Sugipriatini, S.Si, M.Si, Subkoordinator Kelompok  Pengendalian Mutu Laboratorium Karantina Tumbuhan BBUSKP, Utik Windari, S.Si, M.Si, Subkoordinator Kelompok  Informasi dan Dokumentasi BBUSKP, Murtini, SE, Kepala Seksi Pertanian Perkotaan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Taufik Yulianto, S.Sos, M.Si, serta Pengurus JPN Provinsi DKI Jakarta.

Di tempat terpisah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan dirinya melihat JPN ini sebagai lembaga komunikasi yang dapat mengkonsolidasikan masalah pertanian dan mencari solusi khususnya di tingkat lokal yang akan direspon oleh pemerintah daerah.

Salah satu yang akan dikejar peningkatannya oleh pengurus JPN adalah ekspor pertanian. “Tidak boleh ada daerah yang tidak ekspor. Dalam ekspor harus membangun mitra. Urusan di karantina harus Cepat, Cermat, Akurat (CCA). Tugas pemerintah menemukan harapan masyarakat terkait tugas Karantina ditambah kegiatan ekspor. Kita saat ini diuntungkan dengan kehadiran internet. Kita harus mampu membangun kepercayaan semua pihak, dan menemukan mitra kerja di negara tujuan ekspor, “ kata Mentan mengarahkan.

Berikut ini nama-nama Pengurus JPN DKI Jakarta berasal dari wilayah-wilayah di Jakarta 

1.  Ahmad Fahrizal (Jakarta Selatan)

2.  La Ode (Jakarta Selatan)

3.  Edy Purwanto (Jakarta Selatan)

4.  Yazeri (Jakarta Selatan)

5.  Fa’iq Hisyam Muhadzdzib (Jakarta Timur)

6.  Yatno (Jakarta Timur)

7.  Fikri Husin (Jakarta Timur)

8.  Hepni Sadli (Jakarta Timur)

9.   Abdul Rahma (Jakarta Pusat)

10.   Surahmat (Jakarta Pusat)

11.   Indra Kristianto (Jakarta Pusat)

12.   Wahyu Budi Setiawan (Jakarta Barat)

13.   Kasmin (Jakarta Barat)

14.   Dani Arwanto (Jakarta Utara)

15.   Andre Hadiwinata (Jakarta Utara)

 

Reporter : INDRI
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018