Friday, 01 July 2022


Kementan Kembali Raih Penghargaan Pengawasan Kearsipan 2021 dengan Kategori AA

21 May 2022, 17:15 WIBEditor : Gesha

Penghargaan Kearsipan Kementan | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Pekanbaru – Kementerian Pertanian (Kementan) kembali meraih penghargaan Pengawasan Kearsiapan tahun 2021 dengan nilai hasil kategori “AA” (Sangat Memuaskan). Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo pada Puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-51 yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Pekanbaru, Riau, Rabu (18/5).

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menyampaikan nilai pengawasan kearsipan mempunyai arti yang sangat penting, karena mencerminkan indeks kinerja penyelenggarakan kearsipan pada suatu Kementerian/Lembaga/Pemda. 

“Terlebih sejak pengawasan kearsipan menjadi salah satu komponen yang dinilai dalam Reformasi Birokrasi, maka nilai pengawasan kearsipan menjadi penting dan strategis, karena dapat mempengaruhi capaian nilai kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi suatu K/L/Pemda,” kata Wamentan Harvick dalam keterangan tertulisnya yang diterima. 

Pada Pengawasan Kearsipan Tahun 2021, berdasarkan Keputusan Kepala ANRI Nomor 388 Tahun 2021 tentang Nilai Hasil Pengawasan Kearsipan pada Instansi Pemerintah Tingkat Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2021, Kementan mendapatkan peringkat II dengan nilai hasil pengawasan kearsipan sebesar 93,42 dengan kategori “AA” (Sangat Memuaskan). 

“Suatu capaian kinerja penyelenggaraan kearsipan yang sangat membanggakan dan patut disyukuri oleh seluruh jajaran Kementerian Pertanian,” ujarnya.

Menurutnya, capaian Kementan atas Nilai Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2021 terasa lebih istimewa, karena perhitungan nilai hasil pengawasan kearsipan tahun 2021 menggunakan instrumen baru. Dimana nilai hasil pengawasan kearsipan merupakan akumulasi dari nilai hasil pengawasan kearsipan eksternal dengan bobot 60?n nilai hasil pengawasan kearsipan internal internal dengan bobot 40%.

Untuk memberikan motivasi kepada K/L/Pemda, ANRI memberikan piagam penghargaan pengawasan kearsipan kepada 5 (lima) besar K/L/Pemda yang mendapatkan Nilai Hasil Pengawasan Kearsipan dengan kategori “AA” (Sangat Memuaskan), yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Reporter : Eko
Sumber : Kearsipan Kementan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018