Tuesday, 20 October 2020


Budidaya Burung Puyuh, Usaha Ampuh Hasilnya Penuh

11 Jul 2020, 07:58 WIBEditor : Gesha

Usaha burung puyuh ala Jumadil | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Pasaman --- Berwirausaha kini tengah dilakukan mahasiswa-mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor. Salah satunya adalah mahasiswa Jurusan Peternakan, Prodi Kesehatan Hewan, Jumadil Patria yang beternak burung puyuh.

Usaha ternak puyuh petelur sangat menjanjikan dan juga menyenangkan. Karena masyarakat membutuhkan protein salah satu sumbernya adalah dari telur unggas seperti telur puyuh yang dapat diolah menjadi ragam masakan yang lezat dan berprotein tinggi sehingga sangat baik untuk memperbaiki kekurangan konsumsi protein masyarakat. 

Jumadil memulai usaha ternak puyuh bersama sang kakak yang merupakan sarjana peternakan yang beralamat di Jorong Binjai, Nagari Binjai, Kec.Tigo Nagari, Kab. Pasaman, Sumatera Barat dengan menetaskan 2.000 butir telur puyuh mengunakan mesin tetas semi otomatis berkapasitas 1.000 butir per mesin.

Penetasan berlangsung selama 17 hari terhitung dari awal masuknya telur kedalam mesin tetas. Setelah telur menetas maka akan dilakukan seleksi jenis kelamin untuk memisahkan anakan puyuh jantan dan betina, Jumadil mendapatkan presentase betina 65 persen dan jantan 35 persen.

Untuk puyuh betina yang lolos seleksi dimasukkan kedalam kandang anakkan hingga mencapai umur 33 hari, setelah itu dapat dipindahkan kedalam kandang petelur produktif karena sudah dapat memproduksi telur, pakan yang digunakan konsentrat, dedak halus, jagung giling dan mineral secukupnya, serta pemberian vitamin menggunakan egg stimulant yang dicampur pada air minum.

Masa produksi puyuh petelur adalah umur 7-9 bulan dengan presentase produksi 80 persen, jadi dari 1.000 ekor puyuh dapat memproduksi 800 butir/hari untuk dipasarkan. masa afkir puyuh berumur 1-1,5 tahun dan untuk puyuh afkir akan dijual dirumah makan atau penggepul puyuh dengan harga Rp 3.000-4.500/ekornya. 

Jumadil berharap dengan adanya peternak puyuh kebutuhan protein masyarakat dapat tercukupi serta membuka pemikiran pemuda untuk berinovasi di bidang peternakan untuk memajukan peternakan di Indonesia.

 

Reporter : Aditia Y D Bukit
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018