Monday, 23 May 2022


Dengan Topping Meses dan Gula, Donut Legenda Beri Sensasi Berbeda

10 May 2022, 11:31 WIBEditor : Herman

Donut Legenda Dengan Topping Gula | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.COM, Batu Malang --- Walaupun tampak biasa dengan topping meses dan gula tabur, namun donat yang dibuat Ayu Kusuma Dewi memiliki sensasi berbeda. Menyasar konsumen orang tua, Donut Legenda menawarkan memori disetiap gigitannya yang membuat para konsumen teringat masa kecilnya.   

Dengan kelembutan dan rasa yang khas donat menjadi salah satu makanan yang banyak disukai mulai dari anak-anak hingga orang tua. Karena itu tidak heran bila makanan yang satu ini banyak menjadi pilihan para pelaku usaha. 

Namun ada yang berbeda dari donat yang dibuat pengusaha asal Batu Malang, Jawa Timur ini. Alih-alih membuat donat dengan berbagai macam topping yang menarik, Ayu Kusuma Dewi lebih menonjolkan topping yang biasa yaitu meses dan taburan gula. 

“Saya memilih hanya dengan 2 topping saja karena konsumen di usia-usia 80-an ke atas melihat donat yang kekinian banyak toppingnya kurang tertarik, makanya saya memproduksi 2 topping saja, meses dan taburan gula halus agar disetiap gigitan itu ada memori bagi para kosnumen", ungkap Ayu tersenyum.

 

Usaha Donut Legenda merupakan usaha yang sudah dijalankan orang tua Ayu di Kota Pekanbaru sejak tahun 1998.  Namun diperjalananya Ayu memutuskan untuk menseriusi usaha tersebut di Kota Batu pada tahun 2018 dengan nama Donut Legenda Est 98.  

Ayu mengatakan banyak konsumen yang beranggapan harga yang ditawarkan yaitu Rp 35 ribu/box isi 6 donat terlalu mahal. Namun hal tersebut bukan tanpa alasan, karena Ayu lebih menonjolkan kualitas bahan dan rasa donat.

“Saya memang memilih bahan-bahan yang benar-benar terbaik, memang berbeda, saya selalu penasaran dengan bahan yang baru, makanya saya menemukan bahan-bahan dengan membeli secara langsung melalui sales,” tuturnya.

 

Ayu menjelaskan proses pembuatan donat pada umumnya sama, bahan-bahan ditakar sesuai ukuran, kemudian dibuat adonan. Lalu dikembangkan atau proofing, setelah itu digoreng dan ditambahkan topping sesuai selera baik meses atau gula.

“Produk saya memiliki kelembaban adonan yang memuaskan ketika digigit, taburan toppingnya juga melimpah sehingga memberikan kepuasan bagi para pelanggan, Kita juga melayani pesan antar melalui aplikasi-aplikasi driver online, sebab masa pandemi yang menuntut untuk lebih banyak meminimalkan aktivitas publik,” paparnya. 

Selain donat, dalam perkembangannya Ayu juga mengembangkan produk baru dengan citarasa yang berbeda yaitu cookies dan roti lembut dengan varian coklat chips dan roti sisir. 

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018