Sabtu, 01 Oktober 2022


Alamsyah, Edukasi Masyarakat Pentingnya Minum Susu

03 Jun 2022, 10:20 WIBEditor : Herman

Alamsyah, Pengusaha Susu Pasteurisasi Asal Batu, Malang | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINATANI.COM, Batu Malang –  Susu pasteurisasi bisa jadi alternative masyarakat untuk minum susu tanpa kehilangan kandungan bermanfaat didalamnya. Dengan susu pasteurisas, Alamsyah pengusaha muda asal Batu Malang ini mencoba mengedukasi masyarakat untuk gemar minum susu dengan sensasi berbeda.   

Bekerja diperusahan susu di daerah Purwosari membuat Alamsyah mendapatkan banyak ilmu seputar pengolahan susu. Dengan pengalamanya tersebut dan keinginan mengedukasi masayrakat tentang pentingnya minum susu membuat Alamsyah memutuskan membuat produk olahan susu/

“Saya memproduksi susu pasteurisasi mulai tahun 2021 kebetulan saya bekerja di pabrik susu di daerah Purwosari dari situ saya ingin mengembangkan potensi, setelah saya coba ternyata respon pasar lumayan, tujuannya pertama untuk mengedukasi masyarakat dalam minum susu,”ujarnya.   

Mengenalkan susu kepada masyarakat sekitiar, dilakukan Alamsyah karena susu merupakan minuman yang dikenal mengandung banyak komponen baik untuk kesehatan. Mulai dari kandungan kalsium dalam susu yang baik untuk kesehatan tulang hingga berbagai kandungan gizi lainya

 

Alamsyah menjelaskan untuk membuat susu pasteurisasi menggunakan susu segar, yang dibelinya langsung dari BLPP Singoriti yang terletak di Kota Batu Malang. ”untuk bahan susunya kita dari membeli dari BLPP Songoriti, Kota Batu, jadi tidak produksi sendiri,” ungkapnya 

Selain susu segar, bahan lain yang digunakan adalah susu perasa, baking powder, creamer nabati gula, dan  air yang gunakan untuk melarutkan, tanpa bahan pengawet. 

Dari bahan tersebut, proses pembuatanya dimulai dengan susu segar yang dimasak dengan temperatur 70-75 derajat Celsius, setelah itu susu masuk dalam proses pendinginan dengan menggunakan air sampai temperaturnya 20-25 derajat Celsius, kemudian dikemas dalam botol.  

Susu pasteurisasi dibuat dalam berbagai varian rasa strawberry, choco oreo, choco almond, vanilla, cappuccino banana, dengan harga jual rata-rata Rp 8 ribu untuk ukuran 250 ml,”pungkasnya.

 

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018