Sabtu, 01 Oktober 2022


Populerkan Apel Malang Lewat Cuka Apel

03 Jun 2022, 10:46 WIBEditor : Herman

Cuka Apel | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.COM, Batu Malang --- Cuka apel saat ini menjadi salah satu buah tangan yang tidak boleh ketinggalan dari kota Batu Malang, Dengan rasanya yang khas dan sangat baik untuk kesehatan membuat cuka apel malang sudah banyak dikenal masayrakat luas.  

Tinggal di kota penghasil apel Malang, Jawa Timur, membuat  Anwar tergugah mempromosikan komoditas khas daerahnya ke masyarakat luas. Alih-alih menjual apel segar, Anwar lebih memilih membuat cuka apel sebagai produk yang dipasarkanya.  

”Saya memproduksi mulai tahun 2010, tertarik produksi karena untuk mempromosikan apel dari Kota Batu supaya bisa meningkat dan tetap terkenal di luar daerah, selain itu fungsinya juga bisa untuk kesehatan,”ujarnya. 

Cuka apel yang merupakan produk fermentasi dari buah apel segar ternyata memiliki baik untuk kesehatan tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi Cuka apel banyak manfaat yang bisa didapat seperti menurunkan berat badan, membunuh bakteri, menurunkan risiko penyakit kanker, mencegah masalah kesehatan kulit.

 

Selain itu cuka apel juga bisa mengatur tingkat gula darah, mengatasi sembelit, meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah kolesterol.  

Dalam membuat cuka apel, Anwar menggunakan apel segar jenis  room beauty dan mana lagi yang digiling dan diperas sehingga mendapatkan air/sari apel murni. Dari 3 kg apel, Anwar mengaku bisa menghasilkan air perasan sebanyak sekitar 1 liter.  

Setelah itu air/sari apel masuk dalam proses fermentasi. Untuk proses fermentasi membutuhkan waktu sekiar 3 minggu dan kemudian dikemas dalam botol,  

 

“Untuk harga cuka apel yang siap dikonsumsi saya jual dengan harga Rp 15 ribu per botol. Dan saya pasarkan melalui online dan sistem konsinyasi kepada toko oleh-oleh atau warung yang ada disekitar Malang.” Ungkapnya. 

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018