Senin, 22 April 2024


Green House Melon P4S Laskar Pelangi Hasilkan Puluhan Juta

28 Mar 2024, 14:46 WIBEditor : Herman

Beny bertani melon dalam green house | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSIANRTANI.COM, Enrekang --- Pilihan bertanam melon dalam green house yang dilakukan P4S Laskar Pelangi bisa dibilang tepat. Dengan 2 green house, P4S Laskar Pelangi yang digawangi Benny Arman bisa menghasilkan omset puluhan juta per bulan.

Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Laskar Pelangi yang terletak di Jalan Poros Salodua Desa Pattondon Salu, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang mencoba bertanam melon dengan menggunakan 2 green house berukuran 12 m x 20 m dan 9 m x 40 m.

"Green house ukuran 12 m x 20 m ditanamai 800 pohon dan 9 m x 40 m terdapat 1800 pohon. Sedangkan untuk ukuran polibag yang kami gunakan yakni 40 cm x 40 cm untuk 2 pohon, 20 cm x 25 cm dengan 1 pohon," jelas Owner P4S Laskar Pelangi Benny Arman.

Dengan sistem green house, Benny mengaku bertani melon bisa dibilang efisien, karena untuk menanam ribuan pohon tidak memerlukan lahan yang luas, perawatan mudah. Selain itu, perputaran bertani melon bisa dibilang cepat, karena dalam satu tahun bisa melakukan lima kali panen. “

“Metode green house juga membuat pertumbuhan melon sangat bagus, bebas dari hama, serta mengurangi penggunaan pestisida, dan panen pun bisa mencapai 90%” ungkap pria kelahiran Rappang, Sulawesi Selatan ini.

Bertani melon dengan sistem green house, Benny mengaku bisa melakukan panen sebanyak 5 kali dalam setahun dengan omset mencapai Rp 20-30 juta sekali panen.

Walaupun masih menyasar pasar lokal, namun kedepan Benny mengaku tidak menutup kemungkinan untuk melakukan ekspor.

“Kita sementara di lokal dulu, kami pasarkan ke pasar tradisional yakni Pangkajene dan Rappang, kalau ekspor nanti kita juga ada pengembangan. Kita rencana buka 10 unit green house di P4S Laskar Pelangi untuk memenuhi permintaan dipasaran.” jelasnya.

Menariknya lagi, green house miliknya juga bisa dijadikan lokasi magang mahasiswa tentunya melakukan praktek cara budidaya melon dengan sistem green house.

"Budidaya melon sistem green house dikembangkan supaya di sini adik-adik (mahasiswa) semua bisa belajar tentang bagaimana menanam dan memanen melon,” tuturnya.

Benny Arman juga menjelaskan bahwa tujuan utama dalam pengembangan budidaya melon dengan sistem green house agar meningkatkan minat petani milenial dalam bertani.

Benny Arman dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa rencana lima tahun kedepan P4S Laskar Pelangi akan dijadikan sebagai Agro Eko dan Edu Wisata.

Reporter : Suriady

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018