Sabtu, 22 Juni 2024


Melipir ke Tandur Space Cafe: Ngopi Seru di Oase Urban Farming Tengah Kota

19 Apr 2023, 12:19 WIBEditor : Gesha

Tandur Space Cafe menjadi kafe unik di perkotaan Semarang | Sumber Foto:Lingkar Jateng

TABLOIDSINARTANI.COM, Semarang - Ingin menikmati secangkir kopi yang segar sambil menikmati suasana alam di tengah-tengah keramaian kota? Kunjungi Tandur Space Cafe, tempat ngopi unik yang menghadirkan nuansa urban farming di tengah pusat perkotaan.

Semakin banyak masyarakat Indonesia yang mencari momen santai sambil menikmati secangkir kopi yang nikmat.

Fenomena ini pun tak luput dari perhatian para pengusaha muda yang memanfaatkan peluang bisnis dengan membuka coffee shop di berbagai sudut Indonesia.

Namun, untuk Bambang dan timnya, Manajer dari Tandur Space Cafe, peluang ini diambil dengan cara yang berbeda. Mereka memulai usaha mereka pada November 2021 dengan konsep yang tidak biasa, yaitu urban farming. 

Berbeda dari kebanyakan coffee shop lain yang mengusung tema klasik atau retro, Tandur Space Cafe menawarkan pengalaman ngopi yang segar dan unik di tengah kebisingan kota.

Tandur Space Cafe memang tak pernah kehabisan ide untuk memberikan pengalaman ngopi yang berbeda.

Di area outdoor-nya, terdapat kolam ikan dan instalasi tanaman sayur hidroponik yang memberikan nuansa segar dan asri di tengah-tengah hiruk-pikuk kota.

Tidak hanya itu, para pelanggan juga bisa menikmati keindahan sederet tanaman buah-buahan yang dipelihara dengan penuh kasih sayang.

Fasilitas Urban Farming 

Tak hanya menawarkan fasilitas space working yang lengkap dengan Wi-Fi, musola, dan live music di akhir pekan, Tandur Space Cafe juga menyediakan stan konsultasi urban farming gratis dalam sudut kafe.

Pelanggan bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar lebih banyak tentang teknik bercocok tanam secara modern dan efisien.

Tak heran jika kafe ini memiliki konsep yang unik dan berbeda dari yang lain.

Tandur Space Cafe lahir dari kolaborasi yang erat dengan Dinas Pertanian Kota Semarang, yang sebelumnya merupakan lahan Urban Farming Center.

"Kalau dibuat kafe, sasaran lebih luas, pelanggan kami bisa sekalian belajar urban farming," ujar Manajer Kafe Bambang Wijanarto, menjelaskan mengapa konsep ini diambil.

Bambang mengungkapkan bahwa Tandur Space Cafe bukan hanya sekadar tempat ngopi yang nyaman, tetapi juga dapat menjadi tempat belajar bagi masyarakat yang tertarik atau sedang menggeluti dunia pertanian.

Tak hanya menyasar masyarakat umum, banyak pengunjung yang datang ke Tandur Space Cafe berasal dari anak-anak muda.

Terletak di lokasi strategis yang dekat dengan sekolah dan taman kota, membuat kafe ini semakin diminati oleh mereka yang ingin menikmati suasana ngopi yang berbeda dan segar.

Lantas, menu-menu apa saja yang menjadi andalan di Tandur Space Care ini? 

Reporter : Wawan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018