Minggu, 18 Agustus 2019


Ada Sapi Ekstreem di Bogor

08 Agu 2019, 16:51 WIBEditor : Ahmad Soim

Sapi ekstreem di Bogor | Sumber Foto:Dok pribadi

TABLOIDSINARTANI.COM-  Ada sapi Belgian Blue menurut ukuran yang sebenarnya di Meseum Tanah dan Pertanian Bogor. Rumpun sapi ini  telah lahir di UPT Cipelang di lereng gunung Salak yang bobot badannya sampai 1,5 ton pada umur dua tahun.

Sapi Ekstreem ini lahir dengan tehnik embrio transfer yang kemudian  dinamai tokoh pewayangan yang gagah berani Gatotkaca karena lahirnya jantan. Saat ini telah dihasilkan 97 ekor Gatotkaca⊃2; baru hasil Embrio Transfer dan lebih dari 220 ekor hasil kawin suntik yang tersebar di Indonesia secara terbatas.

Sapi Belgian Blue adalah sapi Bos Taurus aslinya merupakan persilangan sapi jenis Shorthorn atau Durham dengan sapi lokal Inggris. Nama lainnya Race de la Moyenna et Haute Belgigue.


Mengapa sampai bisa lahir sapi berotot ini, yang dibanding sapi jenis lainnya yang beratnya hanya separuhnya, karena asal muasalnya sapi BB ini memproduksi      gen myostatik pada ototnya sehingga seolah bergelambir    serupa dengan otot Ade Rai, binaragawan yang terkenal itu. Berat karkasnya mencapai sampai 75 persen dari bobot badannya, yang berarti 20-25 persen lebih tinggi dari sapi biasa.

Setelah puas menonton Galeri Peternakan ini yang menyajikan banyak diorama keren unggas lokal, perkudaan, sapi perah, kerbau dan sapi potong disertai ilustrasi visual yang hebat, maka pelan⊃2; saya dengan diam⊃2; meninggalkan ruangan ini karena kaki saya sudah tidak mau diajak berkompromi lagi. Capek karena berkeliling empat lantai yang luas itu. 

Apakah Musium yang megah ini akan ramai dikunjungi oleh publik ? Kita tunggu berbagai kegiatan Musium yang sudah mampu menarik perhatian publik sehingga dikunjungi oleh berbagai rombongan wisatawan domestik dan mancanegara untuk melihat pertanian Indonesia dari masa ke masa. Linking the Past to the Future. Musium terletak di Jl. Juanda No 98 Bogor. 

Reporter : Chairul Arifin
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018