Monday, 24 January 2022


PT Angkasa Pura II Kualanamu Beri Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan pada Nelayan Serdang Bedagai

22 Dec 2021, 12:50 WIBEditor : Herman

Program CSR Angkasa Pura I Kualanamu Kepada Nelayan Serdang Bedagai

TABLOIDSINARTANI.COM, Serdang Bedagai --- Berperan aktif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar terus dilakukan PT Angkasa Pura II Kualanamu. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), PT Angkasa Pura II Kualanamu memberikan pelatihan pengolahan hasil perikanan kepada 30 nelayan di pantai Sri Mersing, Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Bersama pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, PT Angkasa Pura II Kualanamu melakukan program CSR kepada 30 UMKM yang tinggal di pinggir pantai Sri Mersing, Desa Kuala Lama, Kecamatan Pantai Cermin, Kab Serdang Bedagai. Menurut  Senior Manager PT Angkasa Pura II Kualanamu, Riyanto Hendro Cahyono, dukungan atas pengembangan UMKM sangatlah penting.

Karena pelaku UMKM mempunyai kontribusi/peranan yang cukup besar dalan penyerapan tenaga kerja. Selain itu saat ekonomi negara terganggu karena pandemi covid 19, UMKM berperan menstabilkan kondisi gerakan ekonomi.

“Kegiatan ini merupakan program Bantuan Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL ) yang kali pertama dilakukan untuk Kabupaten Serdang Bedagai. Walaupun situasi penumpang menurun drastis yang berdampak kepada pendapatan bandara, tetapi karena tanggung jawab sosial tetap harus dilakukan,” ujar Riyanto

Kepada peserta pelatihan Riyanto berharap agar pelaku usaha bisa mengelola usaha dengan sebaik-baiknya, dan dapat bersaing dengan produk lainnya. “Pada tahun depan akan dilakukan lebih banyak lagi bantuan CSR bisa berupa pelatihan, peralatan pengolahan sampai pemasaran serta bantuan pinjaman lunak,” ungkapnya

Pelatihan ini sendiri dilakukan satu hari penuh dengan narasumber yang memiliki kompetensi dalam dunia usaha. Seperti dijelaskan Ahmad Zaki yang membawakan materi tentang inovasi rasa dan pemasaran. “Pelaku UMKM harus mengetahui rasa apa yang diminati konsumen, sehinga pelaku usaha bisa melakukan evaluasi para produk dan lebih mudah dalam memasarkannya.,” ujar Zaki

Selain Ahmad Zaki, materi tentang pemasaran produk secara digital juga disampaikan oleh seorang Youtuber, Supriyanto, yang memberika materi pemasaran yang memberikan warna tersendiri bagi bisnis di eradigital.

Di akhir acara Moderator  Hery Fitryansa S.PI M.SC meminta para pelaku UMKM yang hadir  membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang akan di monitor Dinas Perikanan dan Kelautan Serdang Bedagai.

Sekretaris Derah Serdang Bedagai M. Faisal Hasrimy menyampaikan terimakasih  kepada pihak PT Angkasa Pura II Kualanamu yang telah membantu nelayan serta meminta kedepan kerjasama dapat ditingkatkan dalam upaya peningkatan pendapatan masyarakat petani dan nelayan serta peningkatan parawisata untuk membuat Serdang Bedagai maju, mandiri, sejahtera dan religius.

Dalam acara tersebut Sekretaris Derah Serdang Bedagai yang juga memberikan cendramata kepada Senior Manager AP II Kualanamu.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Manager CSR PT Angkasa Pura II Kualanamu M Fariz, serta dari Pemkab Serdang Bedagai dihadiri Batara Rival Harahap Msi mewakili Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan

 

 

Reporter : RE Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018