Monday, 06 December 2021


Lomba Foto Rooftop Garden Diapresiasi BAZNAS BAZIS DKI Jakarta

15 Nov 2021, 16:49 WIBEditor : Gesha

Lomba Rooftop Garden | Sumber Foto:Dinas KPKP

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Ide unik dan kreatif untuk menampilkan sisi estetika Urban Farming dikemas dalam Lomba Foto Rooftop Garden 2021. Kegiatan ini hasil kolaborasi antara Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Baznas Bazis DKI Jakarta, serta PT East West Seed Indonesia (Benih Cap Panah Merah).

“Kami dari Baznas Bazis DKI Jakarta sangat senang melihat antusias warga Jakarta dalam mengikuti Lomba Foto Rooftop Garden 2021. Baznas Bazis DKI Jakarta adalah Lembaga Amil Zakat yang turut membantu Gubernur Provinsi DKI Jakarta dalam memajukan kota dan mensejahterakan warga. Harapan kami, program kolaborasi seperti ini dapat terus dikembangkan kedepannya”, kata Kepala Seksi Humas Baznas Bazis DKI Jakarta, Habibi Zein saat pertemuan virtual zoom  dengan para peserta Lomba Foto RoofTop Garden 2021, Kamis (11/11).

Baznas Bazis DKI Jakarta mengapresiasi karena peserta Lomba Foto Rooftop Garden 2021 mencapai 105 peserta, terdiri dari 11 peserta berasal dari Wilayah Kota Jakarta Barat, 16 peserta dari Wilayah Kota Jakarta Pusat, 33  peserta dari Wilayah Kota Jakarta Selatan, 28 peserta dari Wilayah Kota Jakarta Timur, 16 peserta dari Wilayah Kota Jakarta Utara, dan 1 peserta dari Kabupaten Kepulauan Seribu. Hal ini mengindikasikan keberhasilan Urban Farming di Jakarta yang mampu menumbuhkan semangat warga Ibukota mewujudkan ketahanan pangan.

Pendaftaran peserta lomba telah dibuka pada tanggal 1-4 November 2021, diikuti oleh penggiat Urban Farming dengan berbagai lokasi budidaya pertanian,  seperti  pertanaman sayur dan buah di rooftop apartemen, tempat tinggal, dunia usaha, perkantoran, masjid, sekolah dan lainnya.

Peserta lomba yang sudah mendaftar mendapatkan benih buah dan sayuran dari PT East West Seed Indonesia (Cap Panah Merah) pada tanggal 4 November 2021, benih tersebut diambil langsung oleh peserta lomba bertempat di halaman kantor Dinas KPKP, Jl Gunung Sahari Raya 11 Jakarta Pusat. Benih yang diberikan terdiri dari melon, tomat, mentimun, dan kailan. Melon dan kailan adalah komoditas yang wajib ditanam dan disertakan dalam foto yang diupload ke Instagram.

“PT East West Seed Indonesia telah lama menjalin kolaborasi dengan Dinas KPKP. Kami juga mengenal beberapa kelompok tani yang telah dibantu oleh Baznas Bazis DKI Jakarta. Semoga dimulai dari kegiatan ini dan ke depannya, PT East West Seed Indonesia, Dinas KPKP, dan Baznas Bazis DKI Jakarta dapat terus berkolaborasi mengembangkan pertanian perkotaan di DKI Jakarta” kata  Iqbal Kusnandarsyah mewakili Business Development PT East West Seed Indonesia.

Sementara itu, Kepala Seksi Pertanian Perkotaan, Bidang Pertanian Dinas KPKP, Taufik Yulianto mengaku kegiatan lomba ini sangat positif guna mengajak masyarakat dalam memanfaatkan ruang- ruang yang ada di sekitarnya untuk berkegiatan budidaya pertanian. "Hal ini merupakan bentuk implementasi dari Instruksi Gubernur Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan, yang menghimbau dan mengajak partisipasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan sebaik-baiknya untuk kegiatan pertanian perkotaan. Adapun lokasi sesuai dengan sasaran ruang yang tertuang dalam Desain Besar Pertanian Perkotaan 2018-2030, yang mana terdapat 7 lokasi sasaran pengembangan pertanian perkotaan. Berdasarkan data lokasi yang didaftarkan oleh peserta lomba foto rooftop garden, lokasi-lokasi tersebut sudah terwakilkan”, katanya.

Lomba foto Rooftop Garden 2021 berlangsung sejak tanggal 1 November 2021 sampai 21 Desember 2021. Kriteria foto yang diupload oleh peserta lomba harus menampilkan kebun rooftop, menampilkan aktivitas perawatan kebun rooftop, posting foto di akun Instagram dengan mention dan follow Instagram para kolaborator antara lain ; @cappanahmerah @baznasbazisdkijakarta @dkpkp.jakarta @panahmerah_store @urbanfarming.dkijkt @jakpreneur_dkpkp

Peserta juga wajib dan menuliskan tagar #gaknanamgakasik #demplotrooftoppanahmerah, dan menceritakan rooftop garden dengan caption yang menarik pada postingan tersebut. Peserta lomba yang beruntung nantinya akan mendapat hadiah dengan total 15 juta rupiah.

Reporter : Indri
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018