Minggu, 08 Desember 2019


Halaman Sekolah Disulap Jadi Kawasan Hidroponik

25 Jun 2019, 06:18 WIBEditor : Ahmad Soim

Kebun bibit sayuran di SDN 3 Tamiang Layang | Sumber Foto:Istimewa

Kawasan hidroponik di SD ini adalah percontohan. Di dalamnya terdapat greenhouse perbanyakan tanaman dan penyediaan bibit lokal yang dilakukan SDN 03 Tamiang Layang

 

TABLOIDSINARTANI.COM - Di kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah, sebuah perusahaan swasta  PT. Adaro Indonesia, TBK berkunjung ke Kawasan hidroponik di halaman SDN 03 Tamiang Layang di Barito Timur, Kalimantan Tengah.

 

Kunjungan perusahaan itu jelas Koordinator PPL di BPP Dusun Timur di Bartim Erai Sairi untuk  melaksanakan supervisi dan kunjungan ke lokasi pengembangan Adiwiyata sekolah berupa kebun tanaman hidroponik sistem di SDN 03 Tamiang Layang.

 

Kunjungan itu sekaligus untuk mempelajari sistem pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan (sustainable environmental management system) di areal sekolah SDN 03 Tamiang Layang  serta melihat peluang-peluang pengembangan Pemanfaatan lahan sekolah  pada aspek-aspek yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan.

 

Kawasan hidroponik di SD ini adalah  percontohan. Di dalamnya terdapat greenhouse perbanyakan tanaman dan penyediaan bibit lokal yang dilakukan SDN 03 Tamiang Layang,  serta manajemen persemaian untuk mendukung program pemanfaatan lahan pekarangan di lokasi sekolah yang dibina langsung oleh penyuluh pertanian dinas pertanian kabupaten Barito Timur, Kalteng.

 

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Dusun Timur Kabupaten Barito Timur yang merupakan tempat bernaungnya para penyuluh pertanian di wilayah Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur Kalteng adalah juga "tenaga pengajar" tambahan para siswa SDN 03 Tamiang Layang  untuk menimba ilmu dan pengalaman   terutama tentang pola tanam hidroponik sistem.

 

Kawasan hidroponik sistem di SDN 03 Tamiang Layang  yang dulunya hanya berupa hamparan rumput di sekitar halaman sekolah , kini berubah menjadi lahan hortikultura dengan berbagai komoditi pertanian seperti pakcoy, sawi dan lain-lainnya.

 

Balai penyuluhan yang sejak beberapa tahun terakhir ini dikoordinir oleh Erai Sairi , SP,  menjadi salah satu BPP yang para penyuluhnya  aktif dalam melakukan pembinaan kepada sekolah di sekitar Kecamatan Dusun Timur salah satunya SDN 03 Tamiang Layang.

Reporter : Saptalina
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018