Monday, 28 September 2020


Keren! Jakarta Utara Miliki Green House Fasilitas Lengkap untuk Urban Farming

11 Aug 2020, 18:56 WIBEditor : Gesha

Fasilitas Lengkap di green house Jakarta Utara | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta Utara - - - Pertanian Perkotaan (Urban Farming) di Jakarta mengalami perkembangan yang pesat berkat para penggiat Urban Farming. Salah satunya adalah wilayah Jakarta Utara yang ternyata memiliki green house berfasilitas lengkap. 

Berdiri di lahan seluas 1.000 meter, Mutiara Salsabila Farm yang berlokasi di Jl. Beting Indah RT 10 RW 09 No. 51 Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara ini memiliki Green House seluas 200 meter untuk bertani secara hidroponik. Selain itu, di lokasi juga terdapat kolam budidaya ikan hias dan konsumsi, budidaya maggot serta peternakan.

“Komoditas yang dibudidayakan di sini setiap hari dibutuhkan masyarakat, seperti sayuran bayam, kangkung, selada, pakchoy, sawi putih. Sedangkan Ikan kami kembangkan ikan lele, ikan nila untuk konsumsi serta beberapa ikan hias, “ kata Pemilik Mutiara Salsabila Farm, Ahmad Hidayat saat menerima kunjungan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta pada Jumat(7/8). 

Ahmad Hidayat mengaku sangat senang dengan perhatian dan support dari Dinas KPKP DKI Jakarta. “Semoga Mutiara Salsabila Farm ke depan akan semakin baik dalam bidang produksi dan penjualan hasil pertaniannya, “ kata Ahmad.

Baca Juga : Melongok Tata Kelola Kampung Berbasis Urban Farming di Bogor

Prospek Urban Farming Menurut Petani, Praktisi dan Akademisi, Yuk Baca Bukunya

Erwin Ahmad Maosul, Dulang Rupiah dari Urban Farming “Aer Farm”

Kebutuhan Pangan Besar, Urban Farming Alternatifnya

Kunjungan Dinas KPKP DKI Jakarta ini dalam rangka monitoring dan evaluasi rutin untuk memastikan pelaksanaan pertanian perkotaan tetap berjalan dengan baik ditengah waspada Pandemi Covid-19. 

Hadir Kepala Bidang Pertanian Mujiati, Kepala Seksi Pertanian Perkotaan Taufik Yulianto, jajaran Suku Dinas KPKP Kotamadya Jakarta Utara yang terdiri dari Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Pertanian, Insani, dan Penyuluh Pertanian Lapangan serta Satuan Pelaksana (Satlak) KPKP Kecamatan Cilincing.

“Pemasaran yang lebih luas dapat dijangkau, dengan cara produk urban farming perlu dilakukan sertifikasi yang didahului dengan registrasi kebun. Dinas KPKP DKI Jakarta akan memfasilitasi dan mendampingi proses registrasi maupun sertifikasi produk oleh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD),” kata Mujiati.

Reporter : Indri
Sumber : Dinas KPKP Jakarta
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018