Saturday, 06 March 2021


Mengatur Keseimbangan Daun dan Buah dalam Hidroponik

18 Feb 2021, 11:32 WIBEditor : Ahmad Soim

Ani Andayani | Sumber Foto:Dok Pribadi

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -  Ada hubungan antara zink dan source pada setiap tanaman. Keseimbangan kedua bisa berbeda dengan tanaman yang berbedad.  Zink itu, untuk cabai adalah cabenya. Kalau zink untuk wortel adalah wortelnya. Zink adalah destinasi akhir hasil yang diberi asimilasi. Sourcenya adalah asimilasi daunnya.

Pada cabai sedang dipelajari hubungan antara zink dan sourcenya. Kenapa satu daun bendera untuk cabai itu cukup untuk satu buah, sehingga mengira bahwa kalau cabainya rimbun itu hasilnya baik, itu tidak juga. Daun rimbun itu berarti asimilasi tidak berjalan optimal, karena sinar matahari tidak bisa masuk ke daun daun yang ada di bawahnya.

BACA JUGA:

Pentingnya Kesehatan Akar dalam Hidroponik

Memilih Media Hidroponik bagi Pemula

Dengan renggangnya pucuk yang kita rombes,  tidak menyediakan tempat untuk kutu atau virus. Tanaman itu bisa sehat. Ini cabainya meskipun panen serempak, itu besarnya hampir seragam. Ini karena kita terapkan hubungan zink dan sourcenya seimbang. Satu pohon cabai bisa menghasilkan 2-3 ons, lumayan baik. Jangan kira cabai yang rimbun itu hasilnya banyak.

Dengan cara manajemen hodroponik seperti itu, Ani bisa panen dari satu pohon cabai   145 butir atau 273 gram. Jadi kalau untuk rumah tangga untuk kebutuhan sendiri dalam rangka ketahanan pangan, 5 samai 10 pohon bisa mencukupi. “Saya buat 15 pohin cabai, bisa bagi bagi ke tetangga.

Untuk Melon zink dan sourcenya, 13 daun untuk satu butir melon. Untuk tomat 3 daun cukup untuk satu klsster buah.

 Agar bisa mendapatkan penghasilan, bagi pemula, Ani menyarankan  untuk menanam tanaman sayuran daun  yang cepat, singkat panennya, dan  mudah menjualnya. Seperti pakcy dan lain lain. 

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018