Thursday, 30 June 2022


Kolaborasi Dispusip dan PKK Labusel Hadirkan Taman Education Literasi

22 Jun 2022, 13:46 WIBEditor : Herman

Lahan Tempat Pembangunan Taman Edukasi Literasi | Sumber Foto:Istansu

TABLOIDSINARTANI.COM, Labuhanbatu Selatan --- Wujudkan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) lakukan sinergi kolaborasi dengan PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan dalam mengembangkan Taman Edukasi Literasi berbasis tanaman buah organik.

Kabupaten Labuhanbatu Selatan terus berbenah, berbagai langkah terus dilakukan guna mewujudkan Visi Misi Bupati H. Edimin dan Wakil Bupati, A Fadli Tanjung untuk mewujudkan masyarakat Labuhanbatu Selatan yang bermartabat dalam kehidupan yang beriman dan bertaqwa, tersedianya sandang pangan, rumah yang layak, pendidikan yang baik, kesehatan yang prima, mata pencaharian yang menyenangkan, serta harga-harga yang terjangkau dan pendidikan yang gratis.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang merupakan salah satu dinas penggerak terus melakukan berbagai terobosan. Seperti disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Selatan, Riswanto SPd,MPd, Pustaka literasi wajib ada, karena semua berkas/arsip harus disimpan dan tersusun rapi dalam file.

“Maka Dinas lingkup Pemkab Labuhanbatu Selatan harus memiliki ruang pustaka dan arsip. Terlebih dijaman era globalisasi semua serba elektronik sehingga pustaka juga diciptakan digital,” ungkapnya.

Terkait dengan sinergi kolaborasi, Riswanto mengatakan  adanya rencana kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan PKK Labuhanbatu Selatan. Bersama Ketua PKK Labusel, Hj. Darni Hatna Saima Siregar Edimin yang juga istri Bupati, akan membuat taman edukasi literasi di Kebun buah Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Direncanakan pada taman edukasi di lahan seluas 4 hektar tersebut akan ditanam berbagai jenis tanaman buah organik durian, mangga, jambu, pisang barangan, pisang kapok serta tanaman lainnya.

“Ditanam tersebut juga akan dilengkapi arena edukasi anak seperti bertanam padi dan menangkap ikan, serta aneka unggas dan ruminansia kecil, taman baca dan pustaka digital. Sehingga  area kebun Rumah Dinas Pendopo akan menjadi asri yang cocok sebagai tempat rekreasi dan bersantai,” ungkapnya. 

Riswanto berharap semua Dinas lingkup Pemkab Labuhanbatu Selatan ikut serta merancang program sesuai kebutuhannya. Kemudian PKK Kecamatan dan  Desa juga melakukan literasi taman edukasi kebun tanaman obat keluarga

Reporter : Istansu
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018